Warta PLN || 26 Jan 2023

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, PLN Siap Maksimalkan Bendungan Kuwil untuk Produksi Listrik Bersih

Bagikan:


Konten PLN Mobile No. 007.PLN-MOBILE/STH.00.01/II/2023

Manado, 26 Januari 2023 – PT PLN (Persero) siap memanfaatkan sumber energi listrik bersih dari Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Kamis, (19/1). Bendungan Kuwil Kawangkoan ini akan digunakan sebagai sumber energi listrik mikrohidro untuk menyokong keandalan pasokan listrik setempat.

Presiden Jokowi menyampaikan, Bendungan Kuwil Kawangkoan termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Dengan kapasitas tampung bendungan yang mencapai 26 juta meter kubik dan luas genangan 157 hektare, Bendungan Kuwil punya peran siginifikan untuk wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya.

“Pembangunan Bendungan Kuwil ini sangat penting. Karena bendungan tersebut berfungsi sebagai sumber air utama dan menjadi pengendali banjir di wilayah yang luas melingkupi Manado, Minahasa Utara dan Bitung,” ungkap Presiden.

Tak hanya itu, Presiden menambahkan bahwa Bendungan Kuwil juga bisa dimanfaatkan sebagai tenaga listrik mikrohidro. Bendungan ini diperkirakan mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 2×0,75 megawatt (MW).

“Selain menjadi sumber air baku, Bendungan Kuwil juga dapat berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLMH),” ucap Presiden.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, J.A Ari Dartomo mengatakan PLN sangat terbuka terhadap peluang kerja sama dengan memaksimalkan potensi Bendungan Kuwil sebagai sumber listrik tenaga air. Apalagi, upaya ini mampu mendorong bauran energi di Indonesia dan mengejar target transisi energi.

“Sesuai yang disampaikan Presiden, bahwa ini termasuk Proyek Strategis Nasional. PLN terbuka untuk peluang pemanfaatan bendungan ini sebagai pembangkit listrik yang andal dan bersih,” ujar Dartomo.

Dartomo juga menambahkan khusus pengamanan pasokan listrik di lokasi acara peresmian, PLN mengerahkan 75 personil siaga. Selain personil, PLN juga menyiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan kapasitas 250 kiloVolt ampere (kVA), Automatic Transfer Switch (ATS) dan Unit Gardu Bergerak (UGB) 2×200 kVA.

“Pasokan listrik yang andal menjadi komitmen PLN untuk terus berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. PLN akan selalu mendukung berbagai program bermanfaat untuk seluruh masyarakat di Indonesia,” tutup Dartomo.

  Go Top