Warta PLN || 31 Dec 2022

Jaga Ekosistem Sungai, PLN Salurkan Bantuan 130 Ribu Benih Ikan Untuk Danau dan Waduk di Sumsel

Bagikan:


Konten PLN Mobile No. 260.PLN-MOBILE/STH.00.01/XII/2022

Palembang, 31 Desember 2022 – PT PLN (Persero) bersinergi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Selatan (DKP Sumsel) dalam upaya melestarikan keanekaragaman hayati perikanan air tawar.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN menyalurkan bantuan 130 ribu ekor benih ikan untuk memulihkan ekosistem waduk dan danau yang ada di Sumsel.

Kepala DKP Provinsi Sumatera Selatan Widada Krisna mengatakan, ikan menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat Sumsel dan banyak masyarakat juga yang menggantungkan hidupnya di sektor perikanan. Namun, Ia melihat beberapa tahun belakangan populasi ikan di beberapa waduk dan danau semakin menipis akibat kurangnya pelestarian.

“Berkat bantuan benih ikan dari PLN, menipisnya ketersediaan ikan di beberapa waduk telah kembali meningkat. Nelayan sudah bisa kembali tersenyum lebar karena hasil tangkapannya bagus-bagus dan beraneka ragam,” ungkap Widada.

Oleh sebab itu, Widada mengajak seluruh pihak termasuk PLN untuk mengintensifkan peningkatan pemahaman masyarakat dalam menjaga kelestarian ekosistem air tawar di Sumsel.

“Jangan sampai kita melakukan over fishing. Terlebih lagi melalui penggunaan pukat dan alat penangkap ikan yang berisiko mengurangi populasi ikan dalam skala besar,” imbau Widada.

Secara terpisah, General Manager PLN Unit Induk Pembangkit Sumatera Bagian Selatan Muhammad Dahlan Djamaluddin menegaskan, TJSL PLN mendukung penuh upaya pelestarian ekosistem danau dan waduk yang dilakukan oleh DKP Sumsel.

“Program TJSL ini merupakan salah satu bentuk nyata atas komitmen dan kepedulian PLN terhadap lingkungan dan masyarakat. PLN akan senantiasa berkontribusi dalam setiap upaya yang dapat memberikan manfaat berkesinambungan bagi lingkungan dan masyarakat,”ujar Dahlan.

Dahlan juga berharap bantuan benih ikan yang disalurkan melalui TJSL PLN ini bisa mendorong perokonomian masyarakat Sumsel, khususnya yang bekerja di sektor perikanan agar semakin meningkat.

“Semoga dengan disalurkannya program bantuan benih ikan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua di masa depan,” pungkas Dahlan.

  Go Top