Warta PLN || 13 Nov 2022

Lagi-Lagi Sentuhan TJSL PLN Buat Omzet UMKM Gula Aren di Sumbar Nyetrum

Bagikan:


Pasaman, 13 November 2022 – Rasa syukur diungkapkan para petani gula aren di Kuraba Jorong Batang Tuhur Nagari Cubadak, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Berkat bantuan PT PLN (Persero) lewat sentuhan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), produksi gula aren meningkat dan omzet yang mereka kantongi naik hampir dua kali lipat.

Bantuan TJSL yang disalurkan PLN berupa penunjang sarana dan prasarana, perlengkapan, serta peralatan produksi gula aren. Bantuan ini diberikan guna mendorong peningkatan produktivitas dan operasional Kelompok Tani RAP Hita.

Ketua kelompok Tani RAP Hita Saiyo, Ahmad Faisal yang mewakili penerima bantuan dari PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat menyebutkan, berkat dukungan ini mereka dapat meningkatkan kapasitas produksi gula aren hingga sekitar 800 kilogram (kg) gula aren per bulan. Dampaknya, omzet perbulan mereka pun meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan sebelumnya.

“Seluruh anggota Kelompok Tani RAP Hita Saiyo sangat bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran PLN di UMKM kami. Alhamdulillah omzet semakin meningkat, kami juga mulai bisa menambah SDM dan merambah ke pasar lain di luar Sumbar seperti Pekanbaru, Medan dan Jambi. Terima kasih PLN,” ucap Faisal.

Camat Dua Koto Nofri Alex mengatakan, sumbangsih terbesar dari bantuan PLN dalam mendukung UMKM gula aren ini adalah pembinaan dan pelatihan, pengorganisasian, pengelolaan produksi serta pemberdayaan masyarakat Nagari Cubadak sehingga lebih berkembang dan mampu bersaing di pasar lokal dan nasional.

“Terima kasih banyak kepada PLN yang telah memberikan kontribusi kepada kelompok Tani serta masyarakat Nagari

  Go Top