Warta PLN || 18 Jul 2022

PLN Gandeng Hirosi Lestarikan Seni Budaya dan Alam di Papua

Bagikan:


Jayapura, 18 Juli 2022 – Tak hanya menerangi nusantara, PT PLN (Persero) juga turut melestarikan seni budaya dan alam khususnya di Papua, melalui pembangunan teater seni budaya di Taman Wisata Alam Hirosi Sentani, Jayapura.

Dukungan ini diberikan melalui Program PLN Peduli yang diinisiasi oleh PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku Papua yang melihat  potensi besar Kota dan Kabupaten Jayapura yang sering didapuk sebagai tuan rumah berbagai perhelatan akbar nasional.

General Manager PLN UIP Maluku Papua Sukahar mengatakan dalam setiap agenda besar, biasanya diperlukan peragaan seni budaya. Kegiatan-kegiatan seperti itu pada akhirnya dapat berdampak pada pelestarian seni dan budaya yang ada di Papua.

“Untuk itu, kami bekerja sama dengan Kelompok Pecinta Alam Hirosi yang menaungi Sanggar Reymay dan Sekolah Alam Hirosi untuk mencetak generasi muda Papua yang mencintai seni, budaya dan alamnya,” katanya.

Sanggar ini memiliki kegiatan ekstrakurikuler berupa tari tradisional, musik etnik dan merajut noken. Tidak hanya itu, kegiatan seni budaya tersebut diintegrasikan dengan Sekolah Alam Hirosi yang kini telah memiliki 115 siswa.

Sanggar Reymay sendiri merupakan sekolah informal yang berpadu dengan Sekolah Alam Hirosi. Kegiatan belajar mengajar digelar di Taman Wisata Alam Hirosi yang terletak di kaki Gunung Cycloop pada hari Selasa dan Kamis sore seusai jam sekolah formal, dan Sabtu sejak pagi hari. Siswa yang tergabung berasal dari SD hingga kuliah.

Sebelumnya, Sanggar Reymay ikut berperan dalam perhelatan PON XX 2021 lalu, utamanya saat upacara pembukaan.

“Selama ini kami belum memiliki tempat latihan, apalagi untuk tampil. Berkat adanya perhatian dari PLN, kami harapkan pembangunan teater ini bisa memfasilitasi pelestarian seni, budaya dan alam di Papua,” papar Marshall Suebu, Ketua Club Pecinta Alam (CPA) Hirosi.

Dengan adanya teater seni budaya yang disokong oleh PLN Peduli, pihaknya akan dapat menggelar event tahunan seperti Hari Noken dengan penampilan tari tradisional dan musik etnik.

“Kini kami cukup percaya diri untuk mengundang berbagai stakeholder pada event-event tersebut dan mendapatkan lebih banyak perhatian,” tambah Marshall.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

  Go Top