Warta PLN || 18 Jul 2022

Dukung Transisi Energi, Sumbar Punya SE Gubernur Penggunaan Kendaraan Listrik dan Kompor Induksi

Bagikan:


PLN siap berkolaborasi dengan pemerintah dan seluruh stakeholder untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik dan juga kompor induksi di lingkungan Sumbar.

Padang, 18 Juli 2022 – PT PLN (Persero) siap mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengimplementasikan Surat Edaran (SE) Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dan Kompor Listrik Induksi di Sumatera Barat, yaitu SE Nomor 671/453/EKTL/DESDM-2022 Tertanggal 17 Juni 2022.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, dengan diterbitkannya SE tersebut maka pemerintah kabupaten kota dan asosiasi pengelola atau konsumen rumah tangga PLN diimbau untuk menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan kompor listrik induksi dalam menjalankankan aktivitas produktif sehari-hari.

“Provinsi Sumbar berkomitmen mendukung transisi energi lewat percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan penggunaan kompor induksi,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, beralih ke kendaraan listrik dan kompor induksi dapat berdampak positif pada berbagai aspek. Di antaranya peningkatan efisiensi energi, ketahanan energi, konservasi energi sektor transportasi, terwujudnya kualitas energi bersih, serta berdampak pada penurunan gas rumah kaca.

Mahyeldi melanjutkan, ekosistem kendaraan listrik akan menjadi ekosistem baru di Indonesia dalam waktu dekat, termasuk di Sumbar.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat Toni Wahyu Wibowo, mengapresiasi SE Gubernur Sumbar sebagai bagian dari langkah konkrit pemerintah untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik dan kompor induksi di Sumbar.

“PLN siap mendukung realisasi SE Gubernur yang terbaru lewat berbagai sosialisasi berkelanjutan maupun penyediaan infrastruktur,” tutur Toni.

Menurut Toni, kerja sama PLN dan stakeholder untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik pun sudah sering dilakukan. Teranyar Kamis (30/6) lalu, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar kunjungi Bupati Sijunjung guna sosialisasikan keunggulan kendaraan listrik dan Kompor Listrik Induksi.

Tim PLN UIW Sumbar pun disambut langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan jajaran forkopimda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, bertempat di Kantor Bupati Sijunjung.

Toni menyampaikan, infrastruktur charging mobil listrik atau SPKLU akan segera berdiri di Kota Solok. PLN pun siap membangun SPKLU di lokasi lainnya melalui partnership penyediaan SPKLU berbasis Sharing Economy Model.

Kepada PLN, Bupati Sijunjung sampaikan akan mendukung SE Gubernur dengan percepatan realisasi kendaraan listrik menjadi kendaraan dinas di Pemkab Sijunjung.

‘’Tahap pertama, kami akan realisasikan kendaraan dinas dengan kendaraan listrik dulu. Mohon bantuan kepada PLN untuk membantu pembangunan infrastruktur SPKLU,’’ tuturnya.

Menurut Herry, SE Gubernur Sumbar terkait Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dan Kompor Listrik Induksi, dapat mendorong program peningkatan konsumsi listrik per kapita di Sumatera Barat.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

  Go Top