Warta PLN || 18 Jul 2022

Dukung Sektor Perikanan dan Kelautan, PLN Hadirkan 20 Unit Anjungan Listrik di Kepulauan Maluku

Bagikan:


Kehadiran ALMA sebagai bagian dari upaya mendorong penggunaan energi bersih dan efisiensi operasional kapal di pelabuhan.

Halmahera Utara, 18 Juli 2022- PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk mendukung sektor perikanan dan kelautan, melalui kehadiran Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) sebagai bagian dari upaya penggunaan energi bersih dan efisiensi operasional kapal di pelabuhan.

Kali ini, PLN menghadirkan ALMA di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Pelabuhan Feri Desa Gorua, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara. Dengan tambahan ALMA di Halmahera Utara ini, PLN kini telah hadirkan total 20 ALMA di Kepulauan Maluku, baik di Maluku dan Maluku Utara.

“Implementasi ALMA ini menjadi inovasi PLN dalam bidang Electrifying Marine. Melalui ALMA ini, para pelaku usaha transportasi kelautan dapat melakukan efisiensi di biaya operasionalnya, karena saat berlabuh di pelabuhan dengan mengubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik yang tentunya lebih bersih dan hemat,” ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo Maryudin Saleh.

Maryudin menambahkan kehadiran ALMA bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional kapal sandar rute Tobelo – Pulau Morotai di pelabuhan feri tersebut, khususnya di sisi efisiensi. Pulau Morotai sendiri merupakan surga tropis dengan kekayaan bahari di Maluku Utara dan menyimpan potensi wisata sejarah Perang Dunia II saat pasukan sekutu melawan Jepang dalam perang Pasifik.

Selain itu, ia mengatakan PLN UP3 Tobelo juga membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di pelabuhan feri tersebut. Ia mengatakan SPLU dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dan masyarakat dalam beraktivitas di pelabuhan.

“Sehingga kami akan memanjakan kebutuhan listrik pelanggan di Pelabuhan Feri Gorua ini dengan menghadirkan ALMA dan SPLU. Kapan pun, energi listrik tersedia untuk aktivitas masyarakat di Pelabuhan Feri Gorua,” tutup Maryudin.

  Go Top