Warta PLN || 08 Dec 2016

Wujudkan Integritas Ala PLN

Bagikan:


PLN turut berpartisipasi pada Festival Hari Anti Korupsi Internasional yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan tema “Bersih Hati, Tegak Integritas, Kerja Profesional untuk Indonesia Tangguh,” kegiatan tahunan ini diselenggarakan di Pekanbaru pada 8-10 Desember 2016.

Ketua KPK, Agus Rahardjo, dalam sambutan pembukaan kegiatan ini menyatakan bahwa peringatan hari anti korupsi di Indonesia dimulai pada 2006. Untuk tahun ini adalah kegiatan pertama yang diselenggarakan di luar pulau Jawa. Dalam rangka untuk terus memperbaiki layanan kepada masyarakat KPK akan meluncurkan 4 aplikasi yaitu : jaga rumahku, jaga sekolahku, jaga rumah sakitku dan jaga perijinanku. Tujuannya adalah agar semua layanan publik semakin transparan dan terkontrol dengan baik.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan publik dan mewujudkannya dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga dapat membawa bangsa Indonesia sejahtera secepat-cepatnya,” tegasnya.

15380556_561480757387653_3840900233980153461_nPada event ini PLN berkesempatan memamerkan berbagai program anti korupsi yang terus dikembangkan, antara lain seperti Agent of Change dan kegiatan Multistakeholder Forum. Hal ini merupakan cerminan dari pilar PLN Berintegritas, yaitu Partisipasi.
Agent of Change adalah kegiatan internal PLN untuk mengajak pegawai PLN mempelopori terlaksananya program PLN Berintegritas di unit masing-masing. Saat ini jumlah change agent mencapai 5.300 orang. Seluruh change agent ini harus mengikuti In House Training PLN Berintegritas untuk selanjutnya mengimplementasikan di kegiatan sehari-hari.

Pada 2016, PLN juga mengembangkan sistem e-gratifikasi atau diberi nama Compliance Online System (COS) untuk prosedur laporan gratifikasi di lingkungan PLN. Aplikasi ini dapat diakses melalui jaringan intranet //10.1.8.231/cos untuk melaporkan sekaligus mengidentifikasi adanya gratifikasi, baik legal maupun ilegal.

Selanjutnya, untuk pilar Transparansi dibuktikan melalui penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang berhasil diperoleh PLN selama 3 (tiga) tahun berturut-turut sejak 2013. Pencapaian ini merupakan prestasi bagi PLN yang telah menjalankan kewajiban sebagai badan publik, melalui pengelolaan dan dokumentasi informasi publik yang transparan. Dari sisi pelayanan, pelanggan juga dapat memantau proses layanan di PLN secara transparan melalui website PLN.

Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang jatuh pada 9 Desember 2016 menjadi momentum bagi PLN untuk terus menguatkan integritas sebagai salah satu nilai perusahaan. Implementasi PLN Berintegritas merupakan bentuk komitmen PLN untuk menjalankan proses bisnis kelistrikan yang bebas dari korupsi.

  Go Top