PLN Bersama TNI AD Sediakan Air Bersih Untuk Dua Desa di Banjar

Konten PLN Mobile No.082.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Banjar, 30 Juni 2022 – Tugas PT PLN (Persero) tak hanya menyediakan akses listrik bagi seluruh masyarakat tetapi juga berperan dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan. Menggandeng TNI Angkatan Darat, PLN menyalurkan kebutuhan air bersih bagi dua Desa yang menjadi sasaran program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Program penyediaan air minum dan sanitasi.

General Manager PT PLN (Persero) UIW Kalselteng, Tonny Bellamy, mengatakan terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Banjar. PLN hadir dan mengambil peran dalam membantu menyediakan sarana air bersih pada daerah kekeringan dan kesulitan akses air bersih.

Masyarakat Desa Paramasan Bawah dan Desa Cintapuri Kabupaten Banjar seringkali mengeluhkan sulitnya hidup di mana mereka seringkali berharap kepada air hujan untuk kebutuhan air sehari-harinya.

Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan Komandan Korem 101 Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar serta dilanjutkan dengan kolaborasi program,” jelas Tonny.

Tonny menuturkan bantuan yang akan dibangun mulai Juli mendatang hingga Agustus 2022 merupakan salah satu bentuk keterlibatan PLN dalam mendukung Program SDGs (Suistainable Development Goals) terkait Akses Air Bersih dan Sanitasi yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Program ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi, karena masyarakat dilibatkan sebagai pengelola bantuan sarana dan prasarana air bersih yang terbentuk dalam kelompok badan usaha masyarakat desa (BUMDes),” ujar Tonny.

Komandan Korem 101 Antasari, Brigjend Rudi Puruwito, mengapreasiasi PLN yang telah menginisiasi kolaborasi bersama pihaknya dalam penyediaan air di Kabupaten Banjar.

“Kami mengapresiasi PLN yang telah menunjukkan kepeduliannya dalam penyediaan air bersih di Kabupaten Banjar. Kami berharap kolaborasi ini dapat terbangun dengan baik dan memberikan dampak postif terhadap masyarakat sekitar,” kata Rudi.

Kepala Desa Paramasan Bawah, Suwardi, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan oleh PLN. Pihaknya berharap, bantuan ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga Desa Paramasan Dalam karena bisa menikmati air bersih dengan kualitas yang di harapkan.

“Saat ini, warga Desa kami hanya memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga. Sementara ketika musim kemarau, kesulitan air bersih selalu terjadi. Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan PLN. Bantuan ini sangat bermanfaat karena kami sudah tidak perlu khawatir kekurangan air bersih lagi,” pungkasnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.