Siaran Pers || 14 Jul 2024

PLN Gelar Enterprise Customer Gathering, Apresiasi Pelanggan dan Dukungan untuk Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bagikan:


Press Release No. 262.PR/STH.00.01/VII/2024

Jakarta, 14 Juli 2024 – PT PLN (Persero) menggelar Enterprise Customer Gathering sebagai bentuk apresiasi PLN terhadap pelanggan terutama konsumen dari sektor industri. PLN juga memberikan penghargaan bagi perusahaan yang berdedikasi dalam enam kategori.

Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM RI, Tirta Nugraha Mursitama mengapresiasi PLN yang terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya. Upaya ini kata dia, akan mendukung pertumbuhan investasi di Indonesia berjalan stabil.

Tirta berharap kerja sama PLN dengan berbagai pihak juga dapat meningkatkan koordinasi dan bahu-membahu mendukung akselerasi transisi energi di Indonesia.

“Kami juga sangat terbuka terhadap berbagai inisiatif promosi dalam bersama-sama memfasilitasi investasi end-to-end dalam rangka kemudahan berusaha dan meningkatkan investasi khususnya sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Kita sama-sama berkontribusi ke arah pertumbuhan ekonomi menuju 8 persen,” ungkapnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan PLN atas kerja sama dengan pelanggan industri yang telah terjalin selama ini. Menurut dia, kontribusi pelanggan sangat besar dalam menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

“Acara ini adalah bentuk apresiasi kami atas dukungan Bapak/Ibu selama ini. Inilah pejuang ekonomi Indonesia. Berada di depan menjaga bukan hanya kestabilan ekonomi, tetapi bagaimana kita menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, membangun kapasitas nasional, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan kemakmuran bagi rakyat Indonesia,” jelas Darmawan.

Melalui agenda ini diharapkan dapat meningkatkan kedekatan antara PLN dan para pelanggan yang menjadi pelaku usaha. Sehingga bisa memperkuat kerja sama yang telah ada untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 8%, PLN berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan menyediakan energi yang andal bagi seluruh pelanggan,” katanya.

Darmawan juga menjabarkan, transformasi PLN beberapa tahun terakhir merupakan wujud komitmen perseroan dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Mulai dari membentuk direktorat retail untuk lebih fokus pada kebutuhan pelanggan hingga memutakhirkan aplikasi PLN Mobile.

PLN Mobile yang kini sudah berating 4,9 di Google Play Store menjadikannya salah satu aplikasi dengan rating tertinggi di Indonesia.

“Demi mendukung energi rendah karbon, kami juga mengembangkan bisnis beyond kWh di mana PLN tidak hanya menyediakan listrik, tetapi juga layanan internet, fiber optic, dan green services untuk mendukung industri rendah karbon,” ujarnya.

Asia Pulp & Paper Group sebagai salah satu pelanggan PLN sejak lama pun merasakan transformasi perseroan yang semakin andal. Direktur Asia Pulp & Paper, Irsyal Yasman menyampaikan PLN kini lebih responsif dan berkomitmen pada energi bersih.

“Saya bilang ke semua pihak di kantor, PLN sekarang andal, lebih andal dari dulu, kemudian responsif, kalau ada masalah langsung cepat diselesaikan  kemudian konsennya PLN pada energi bersih luar biasa sekali,” ujar Irsyal.

Hal ini juga membuat Asia Pulp and Paper Group terus memperbaharui kerja sama dengan PLN tersebut. Pihaknya pun telah membangun solar cell dengan pembangunan roof top seluas 11,4 hektare dengan dukungan PLN.

“Semua pabrik itu sudah kami tutupi dengan solar cell. Jadi dengan energi bersih itu kami yakin bahwa ke depan kita akan loyal pak. Saya sangat bangga dengan visi PLN yang baru,” kata dia.

Sebagai bentuk penghargaan, PLN memberikan apresiasi dalam 6 kategori awarding di antaranya;

1. Customer With the Highest Energy Consumption Growth (Huadi Nickel Alloy)
2. ⁠Customer With the Largest Green Energy Contribution (Cheil Jedang Indonesia)
3. ⁠Customer With Most Responsive Settlement (Astra International)
4. ⁠Customer With the Largest Energy Cunsumtion (Semen Indonesia Group)
5. ⁠Customer With the Largest Emissions Reduction (Indorama Corporation)
6. ⁠The Most Loyal Customer (Asia Pulp & Paper Group)

Narahubung
Gregorius Adi Triyanto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

  Go Top