Siaran Pers || 07 Jun 2022

Tingkatkan Keandalan Listrik Sulut dan Gorontalo, PLN Operasikan SUTT Sepanjang 80,59 Kms

Bagikan:


Press Release No. 416.PR/STH.00.01/VI/2022

Diselesaikan dalam waktu 13 bulan, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GI Marisa – GI Biomasa terbentang sepanjang 80,59 kms dengan 244 tower pendukung

Pahuwato, 6 Juni 2022 – PT PLN (Persero) berhasil merampungkan jaringan listrik di wilayah Provinsi Gorontalo. Pemberian tegangan atau energizing pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GI Marisa – GI Biomasa sepanjang 80,59 kilometer sirkuit (kms) ini guna meningkatkan keandalan listrik di wilayah tersebut.

PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut) berhasil melakukan pemberian tegangan untuk Sirkit 1 yang terbentang mulai dari Kecamatan Marisa sampai dengan Kecamatan Popayato.

General Manager PLN UIP Sulawesi Defiar Anis menjelaskan pembangunan SUTT 150 kV GI Marisa – GI Biomasa merupakan bagian dari Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) SUTT 150 kV Marisa – Moutong. Infrastruktur ini berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 13 bulan dihitung sejak dilakukannya Kick Off Meeting.

“Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan. Pembangunan SUTT 150 kV GI Marisa – GI Biomasa terbagi atas 3 section yaitu, pekerjaan SUTT 150 kV Marisa – Moutong (Section 1), SUTT 150 kV Marisa – Moutong (Section 2), dan SUTT 150 kV Pelanggan – Incomer (Marisa-Moutong) dengan total jumlah tower sebanyak 244 tower,” ujarnya.

Anis menambahkan,  SUTT 150 kV Marisa – Moutong merupakan bagian dari pembangunan yang akan menyatukan sistem kelistrikan di Sulawesi.

“Dengan infrastruktur ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri, menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian nasional khususnya di Gorontalo,” tutup Anis.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

  Go Top