Siaran Pers || 24 Jun 2022

Kampanye Energi Bersih, PLN Ajak Stakeholders Keliling Labuan Bajo Pakai Motor Listrik

Bagikan:


Motor yang digunakan pada parade kali ini merupakan motor hasil konversi dari motor BBM ke motor listrik modifikasi bengkel lokal

Labuan Bajo, 24 Juni 2022 – PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar parade motor listrik yang diikuti oleh seluruh stakeholder. Parade ini merupakan wujud komitmen PLN mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Parade ini menjadi showcase Indonesia dalam forum Energy Transitions Working Group #2 (ETWG) G20 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (24/6). Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri ESDM, Arifin Tasrif, Gubernur Provinsi NTT, Viktor Laiskodat, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, serta stakeholders di Kementerian ESDM, Pemprov NTT, dan Kabupaten Manggarai Barat.

Berkeliling Labuan Bajo, memberikan pengalaman bagi para stakeholders merasakan motor listrik hasil inovasi anak bangsa, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan motor listrik. Apalagi, saat ini Labuan Bajo adalah Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang ke depan dianjurkan pemerintah untuk menggunakan kendaraan modern yang ramah lingkungan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, penggunaan motor listrik merupakan salah satu bentuk showcase untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 dalam menginisiasi peralihan dari energi fosil berbasis impor menjadi energi baru terbarukan berbasis domestik yang lebih murah dan ramah lingkungan.

” Alhamdulillah tur motor listrik berjalan dengan lancar. Motornya sangat efisien, karena menggunakan listrik, biaya hanya sepertiganya saja. Jadi operasionalnya menurun drastis,” ujarnya.

Tak hanya lebih efisien, Darmawan menegaskan, penggunaan motor listrik juga dapat menurunkan emisi CO2 secara signifikan, sekitar 50 persen. Dan emisi itu pun terkonsentrasi di lokasi pembangkit PLN saja, jadi tidak ada polusi di jalanan.

Terlebih, sebanyak 48 motor yang digunakan pada parade kali ini sebagian besar merupakan motor hasil konversi dari motor BBM ke motor listrik hasil modifikasi bengkel lokal. Sehingga motor listrik ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Motor ini dulunya adalah motor BBM, kemudian diretrofit. Mesinnya diubah menjadi motor listrik sekaligus baterainya. Sehingga motor bisa di- charge dan jadi motor yang ramah lingkungan,” imbuh dia.

Menurut Darmawan, kreativitas para modifikator ini sesuai dengan arahan dari pemerintah, dengan mengubah motor BBM menjadi listrik. Karena, selain dapat mengalihkan kekuatan energi domestik, ini juga menggerakkan SDM hingga ke tingkat terbawah.

Tentunya, PLN sebagai garda terdepan dalam proses transisi ini berkomitmen untuk terus mendukung dengan melakukan pengembangan infrastruktur secara masif. Di antaranya perluasan jaringan dan jangkauan pengisian daya kendaraan listrik termasuk pembangunan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di berbagai wilayah Indonesia.

Hingga Mei 2022, PLN membangun 129 unit SPKLU yang terdiri dari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Fast Charging dan Ultra Fast Charging yang tersebar di 98 titik.

“Targetnya, hingga akhir tahun nanti kami sudah menganggarkan untuk menambah 40 unit SPKLU lagi,” tambah Darmawan.

Selain menghadirkan infrastruktur kendaraan listrik, PLN juga memberikan promo berupa insentif bagi para pemilik kendaraan listrik, yaitu diskon tarif untuk sebesar 30 persen bagi pemilik kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya pada pukul 22.00 s.d. 05.00, serta diskon tambah daya dan pemasangan home charging station secara gratis.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

  Go Top