Siaran Pers || 06 Oct 2022

P2B Conference 2022, Wadah PLN dan Akademisi Berbagi Pengetahuan Sektor Kelistrikan

Bagikan:


Konten PLN Mobile No. 135.PLN-MOBILE/STH.00.01/IX/2022

Pemanfaatan energi yang ramah lingkungan sangat diharapkan dapat berperan serta dalam menurunkan tingkat emisi CO2 akibat penggunaan bahan bakar fosil.

Jakarta, 24 September 2022 – PT PLN (Persero) melakukan transfer pengetahuan tentang teknologi kelistrikan dan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) ke sejumlah perguruan tinggi dalam konferensi berbasis industri, Pusat Pengatur Beban (P2B) P2B Conference 2022.

P2B Conference 2022 yang diselenggarakan bersama dengan Universitas di Indonesia berupa sharing knowledge penelitian kajian-kajian tentang clean energy dan energy resilience.

Konferensi dihadiri segenap pegawai PLN Group serta akademisi dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November. Acara ini mengusung tema “Indonesia Grid Readiness Toward Clean Energy Transition and Security” dan menyajikan 25 kajian dalam 5 topik yang berbeda yakni power system, financial analysis, environment analysis, renewable energy dan engineering yang mengacu pada energi bersih dan ketahanan energi nasional.

General Manager PLN PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali (UIP2B Jamali), Suroso Isnandar mengatakan, konferensi ini digelar untuk mendukung program energi baru terbarukan (EBT) dan pemenuhan kebutuhan energi di sistem kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali.

“Pemanfaatan energi yang ramah lingkungan sangat diharapkan dapat berperan serta dalam menurunkan tingkat emisi CO2 akibat penggunaan bahan bakar minyak,” kata Suroso.

Suroso menjelaskan, P2B Conference berawal dari kegelisahan komunitas operasi sistem dan lainnya yang terkait makin lama makin menurun, tidak hanya di PLN namun juga di sektor pendukung ketenagalistrikan lainnya. Sementara sesuai Kebijakan Energi Nasional (KEN) 2014 dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) 2017 yang dikeluarkan Dewan Energi Nasional, penggunaan EBT di Indonesia ditargetkan dapat mencapai sekitar 23 persen pada 2025 dan 31persen pada 2050.

Untuk tahun depan akan masuk Variable Renewable Energy (VRE) pertama di sistem Jamali dalam skala besar, PLTS Apung di Cirata 140 megawatt, menandakan era baru di mana VRE akan masuk ke dalam bauran energi. Ke depan, proporsi VRE bakal semakin tinggi bahkan secara agresif PLN sudah mencanangkan Net Zero Emision pada tahun 2060.

“Di RUPTL sendiri sudah terlihat ada moratorium untuk pembangunan PLTU dan membuka ruang yang lebih besar untuk teknologi yang lebih bersih, ini akan mengubah landscape dari sistem ketenagalistrikan termasuk landscape dalam pengaturan operasi sistem. Harapannya dengan P2B Conference dapat menjadi media bertukar pikiran, diskusi terkait hal-hal operasi sistem dan teknologi pendukungnya,” papar Suroso.

Suroso menambahkan, UIP2B JAMALI selaku operator sistem bertanggung jawab dalam mengelola dan mengatur pengoperasian sistem berpegang teguh pada empat prinsip yaitu andal, berkualitas, ekonomis, dan ramah lingkungan. PLN harus bersiap dalam mengamankan pasokan energinya untuk mendapatkan kedaulatan energi dan juga bertransformasi dalam menyongsong transisi energi bersih dan ramah lingkungan.

Secara terpisah, Mochamad Facta, S.T., M.T., Ph.D, akademisi dari Universitas Diponegoro sekaligus panelis P2B Conference mengapresiasi kegiatan yang menyajikan karya-karya inovatif yang menjanjikan toward clean energy transition and security. Bersama PLN, Universitas-universitas siap mendukung transisi energi bersih dan ketahanan energi nasional.

P2B Conference merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) UIP2B JAMALI yang bekerja sama dengan beberapa universitas, dengan mengundang universitas di Indonesia dan PLN Group untuk ikut serta mengumpulkan karya ilmiah dalam bentuk paper/ research tentang kelistrikan dari Pegawai PLN Group Mahasiswa dan Dosen dengan target 100 paper/ research.

  Go Top