Pengunjung Agrowisata Batu Patah Payo Meningkat, Warga Bersyukur Hingga Apresiasi Walikota Solok Atas Dukungan PLN

Konten PLN Mobile No. 134.PLN-MOBILE/STH.00.01/IX/2022

Walikota Solok apresiasi dukungan kali kedua PLN UIW Sumbar untuk pengembangan infrastruktur di Agrowisata Batu Patah Payo

Solok, 28 September 2022 PT PLN (Persero) turut berupaya mendorong perkembangan sektor pariwisata yang memberikan dampak pada perekonomian di Ranah Minang. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengunjung 47% dari tahun sebelumnya dan bertumbuhnya pedagang di sekitar lokasi Agrowisata Batu Patah Payo, Solok, Sumatera Barat.

Dukungan PLN terhadap pengembangan wisata di wilayahnya pun mendapat apresiasi dari Walikota Solok Zul Elfian. Pihaknya berterima kasih kepada PLN UIW Sumbar yang telah memberikan perhatian kepada pengembangan Kota Solok khususnya daerah Agrowisata Batu Patah Payo.

“Terima kasih atas perhatian PLN yang telah mendukung Agrowisata Batu Patah Payo dalam sektor pariwisata, semoga ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan menolong perekonomian warga sekitar untuk terus berkembang,” ungkapnya.

Ia berharap PLN dan Pemda Kota Solok terus bersinergi dan berkolaborasi sehingga Agrowisata Batu Patah Payo semakin populer dan diminati masyarakat, sekaligus siap menyambut Visit West Sumatera Beautiful 2023.

Senada, Ketua Koperasi Solok Serambi Madinah, Safni yang juga bertindak sebagai penerima manfaat mengapresiasi PLN yang merespon cepat upaya pengembangan Agrowisata Batu Patah Payo.

“Kami bersyukur dengan bantuan ini, kami dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat, sehingga membantu perekonomian masyarakat sekitar. Semoga setelah ini objek kawasan ini dapat berkembang lagi dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, serta dapat dipromosikan hingga luar Sumatera Barat bahkan internasional,” katanya.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum (SRM KKU) PLN UIW Sumatera Barat, Cipto Adi Sumartono mengatakan, Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) merupakan wujud komitmen PLN hadir di tengah masyarakat di luar inti bisnisnya. Selain itu, hal itu sebagai wujud keterlibatan PLN dalam perbaikan perekonomian masyarakat.

“Penyerahan bantuan yang dilakukan PLN hari ini berfokus pada pembangunan infrastruktur, pembangunan sarana dan prasarana berupa pembuatan lahan parkir, tempat duduk dan pengerasan jalan sehingga harapan kami kawasan ini mampu bertransformasi layaknya sebuah wisata edukasi berwawasan lingkungan dan budaya yang membawa peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi warga,” terang Cipto.

Adapun bantuan yang diserahkan PLN kepada Agrowisata Batu Patah Payo senilai Rp 140 juta. Diharapkan bantuan ini dapat memberikan pengembangan pada kawasan wisata serta pada akhirnya masyarakat sekitar.

Sebelumnya, PLN telah menyalurkan bantuan pengembangan di tahun lalu yang digunakan untuk mempercantik kawasan agrowisata. Berkat bantuan ini, pengunjung dapat merasakan kenyamanan lebih dan berdampak pada tingkat kunjungan yang terus bertambah.

“Bantuan kali ini merupakan bantuan tahap kedua yang PLN berikan kepada Kawasan Agrowisata Payo ini, setelah sebelumnya kami juga menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 55 juta pada tahun 2021. Mudah-mudahan bantuan yang terus menerus ini dapat dimanfaatkan secara optimal sekaligus berefek positif bagi peningkatan kualitas objek Agrowisata Batu Patah Payo,” tambahnya.