Dihadiri Wakil Presiden, PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip Haul Abah Guru Sekumpul

Konten PLN Mobile No. 006.PLN-MOBILE/STH.00.01/II/2023

Banjarbaru, 2 Februari 2023 – PT PLN (Persero) berhasil menghadirkan listrik yang andal dalam rangkaian peringatan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 di Banjar, Kalimantan Selatan yang berlangsung sejak Kamis (26/1) hingga Minggu (29/1) malam.

Dimulai dari peringatan di Kediaman Pribadi Gubernur Kalimantan Selatan, Jalan Kertak Baru Kampung Keramat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin hingga puncak acara Haul Guru Sekumpul di Mushola Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kalimantan Selatan pada Minggu (29/1) malam.

Pada rangkaian acara tersebut, lautan jemaah dari berbagai daerah di Indonesia tumpah ruah memadati lokasi mulai dari Mushala Ar Raudhah, rumah penduduk, mesjid, teras toko, jalan hingga gang sempit guna  mengenang dan meneladani sosok KH Zaini Abdul Ghani atau dikenal Abah Guru Sekumpul.

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya, menyinggung pentingnya keberadaan orang-orang saleh di Indonesia. Menurut Wapres, orang saleh adalah sosok seorang individu yang dekat dengan Allah SWT yang selalu menjalankan semua perintah-Nya baik wajib maupun sunah dan menjauhkan dari segala larangan-Nya.

Karenanya, Wapres mengatakan, Indonesia memerlukan generasi yang saleh untuk membangun negeri ini dengan ridha Allah SWT

“Orang seperti inilah, orang saleh, yang kita butuhkan di negeri ini. Karena kalau dia meminta kepada Allah SWT, maka dikabulkan. Kalau dia memohon perlindungan, dikabulkan,” ujar Wapres Ma’ruf.

Kesuksesan peringatan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul yang sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid 19 ini tak lepas dari dukungan listrik andal dari PLN.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Muhammad Joharifin menjelaskan, dukungan PLN dalam sukseskan Haul Guru Sekumpul yakni dengan menyiagakan pasokan listrik berlapis dan ratusan personel. Joharifin menuturkan, kehadiran pasokan listrik andal ini mampu membawa kemeriahan tersendiri bagi acara yang diikuti jutaan jamaah ini.

“PLN selalu siap mendukung kegiatan masyarakat. Pasalnya, momen haul Guru Sekumpul ini sangat dinantikan jemaah, lantaran sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid 19 yang melanda. PLN selalu siap memberikan pasokan listrik andal sehingga acara bisa dinikmati dengan meriah,” ujar Joharifin.

Joharifin mengatakan, guna menghadirkan listrik andal di acara tersebut, PLN menyiagakan 1 genset sebesar 250 kilo Volt Ampere (kVA) 5 Unit Gardu Bergerak (UGB) dan 1 Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan kapasitas 100 kVa.

Selain itu, PLN menetapkan periode siaga 26-31 Januari 2023 dengan menerjunkan 168 personel teknik dan distribusi, 17 personil petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sentuh langsung. Petugas tersebut disiagakan di tiga lokasi acara serta disebar ke 17 posko siaga yang berpusat di Posko Induk PLN ULP Martapura.

Selama masa siaga, lanjut Joharifin, PLN tidak hanya memastikan keandalan kelistrikan pada lokasi berlangsungnya acara saja, tetapi juga melakukan penjagaan keandalan kelistrikan juga pada lokasi pendukung lainnya seperti hotel, penginapan, dan tempat ibadah.

“Dari tiga lokasi utama yaitu Kediaman Gubernur Kalsel, Kubah Guru Sekumpul, Masjid Pancasila dan lokasi-lokasi pendukung lain, semuanya kami pastikan juga pasokan listriknya andal,” kata Joharifin.

Peringatan Haul Akbar Guru Sekumpul adalah acara tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan memperingati hari wafat KH Zaini Abdul Ghani Al-Banjari atau yang kerap disapa Abah Guru Sekumpul. Haul ini diadakan setiap tanggal 5 Rajab dan dipusatkan di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.