Tingkatkan Perekonomian Warga, PLN Peduli Perluas Program Electrifying Agriculture Hidroponik di Palembang

Konten PLN Mobile No. 028.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi sekitar, serta memupuk hubungan kerja sama yang baik antara PLN dan masyarakat

Palembang, 5 Juni 2022 – PT PLN (Persero) melalui Program Electrifying Agriculture Hidroponik menyalurkan bantuan untuk pengembangan usaha hidroponik kepada Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru di Sako Baru, Palembang, Sumatera Selatan. Program ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk bertani hidroponik yang ditopang dengan listrik dengan mengoptimalkan lahan yang tidak produktif.

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Manager PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UP2D S2JB), Hendrix Reza kepada Ketua Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru, Maiza Fikri. Bantuan yang telah memasuki tahun kedua ini adalah bagian dari dukungan pemerintah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Peduli yang telah menjangkau banyak kalangan.

Hendrix menambahkan, bantuan yang diberikan kepada kelompok masyarakat di Kampung KB Sriwijaya bertujuan untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi kawasan produktif. Selain itu, bantuan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Kelurahan Sako Baru dan sekitarnya, serta memupuk hubungan kerja sama yang baik antara PLN dan masyarakat.

“Program PLN Peduli ini merupakan bentuk komitmen PLN terhadap upaya pemeliharaan lingkungan di sekitar pemukiman masyarakat. Secara khusus di sekitar aliran sungai, yang diamanatkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Di samping untuk pembuatan rumah hidroponik, bantuan tersebut nantinya juga digunakan untuk penambahan instalasi listrik guna memaksimalkan lahan hidroponik yang sudah ada. Dengan adanya tambahan kapasitas baru, kelompok tani dapat menambah produksi sayuran sehingga dapat menjadi sentra utama penghasil sayuran hidroponik khususnya di Palembang.

Masyarakat dapat mengembangkan produk olahan yang berbahan dasar sayuran dengan melaksanakan pelatihan tentang pembuatan produk olahan sayuran (kripik sayur).

Lurah Sako Baru, Eka Gusdimantera, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak PLN atas bantuan pengembangan yang telah disalurkan melalui Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru. Ia pun yakin bantuan yang telah diberikan itu mampu meningkatkan pendapatan kelompok tani.

“Pemberian bantuan ini sebagai wujud nyata kepedulian PLN terhadap masyarakat untuk mengembangkan kegiatannya. Sehingga melalui Program TJSL yang dijalankan ini benar-benar dapat membantu dan mendukung pengembangan ekonomi masyarakat serta kelestarian lingkungan,” kata dia.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.