Gunakan Mesin Listrik, Produksi Terasi Warga Singkawang Naik hingga 6 Kali Lipat

Press Release No. 413.PR/STH.00.01/VI/2022

Singkawang, 6 Juni 2022 – Produktivitas usaha pengolahan hasil laut di Singkawang, Kalimantan Barat meningkat hingga 6 kali lipat sejak menggunakan mesin listrik bantuan dari pemerintah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN.

Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Jaya Bersama, Sahbani (55) mengatakan sejak berdiri tahun 2009, kelompok usaha ini mengkoordinir aktivitas usaha pengolahan hasil laut yang dilakukan warga di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Saat proses produksi dilakukan secara manual, dalam 2 hari kelompok usaha ini hanya bisa menghasilkan 10 kilogram (kg) terasi. Namun sejak menggunakan mesin listrik, bisa menghasilkan 50-60 kg terasi per hari.

“Bantuan yang diberikan PLN sangat berdampak pada peningkatan usaha masyarakat di Kelurahan Sedau,” kata Sahbani.

Menurut Sahbani, seluruh proses produksi terasi dilakukan dengan peralatan listrik. Mulai dari proses pemilihan udang rebon, penghalusan, hingga penyimpanan bahan baku produksi, semua serba listrik. Selain menghemat waktu dan tenaga, omzetnya pun terus meningkat dari waktu ke waktu.

Melalui rumah produksi yang dikelola bersama, LKM Jaya Bersama mengkoordinir sekitar 60 kepala keluarga (KK) yang aktif melakukan usaha pengolahan udang rebon. Dalam setiap masa produksi, setiap kelompok usaha berhasil meraup omzet sekitar Rp 16 juta per minggu.

Ia berharap, peningkatan produktivitas usaha yang diraih mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di Kelurahan Sedau.

Hal senada juga diungkap Karyani Mistur (48), Ketua Kelompok Pengelola Usaha Terasi Sedau, selain bantuan mesin produksi listrik, PLN juga terus melakukan pembinaan serta pendampingan, salah satunya terkait teknis pengemasan, sehingga terlihat menarik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Secara terpisah, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Singkawang, Achmad Meidiansyah, mengatakan melalui program TJSL PLN Peduli, PLN terus mendorong pertumbuhan usaha yang dilakukan masyarakat.

“Selain memberikan bantuan untuk mendorong produktivitas usaha, kami juga terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan menjaga keandalan pasokan listrik. Jika listriknya andal, maka proses produksi dapat berjalan dengan baik, usahanya pun semakin meningkat,” pungkas Meidiansyah.

PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara terus berupaya hadir di tengah masyarakat guna meningkatkan produktivitas. Peningkatan produktivitas tentu juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.