Sukses Amankan Pasokan Listrik Selama Kunjungan Wapres di Sumbar, Denzibang Apresiasi PLN

Konten PLN Mobile No. 012.PLN-MOBILE/STH.00.01/IV/2022

Untuk menjaga kelancaran pasokan listrik saat acara berlangsung, PLN menyiapkan tiga titik prioritas pengamanan.

Bukittinggi, 17 April 2022 – PT PLN (Persero) berhasil memberikan layanan listrik tanpa kedip untuk menyukseskan pembukaan acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, yang dihadiri Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat Toni Wahyu Wibowo mengatakan, PLN telah bergerak cepat mengawal dan memastikan infrastruktur kelistrikan aman pada lokasi-lokasi yang akan dikunjungi rombongan Wapres dan menerapkan SOP khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip. Selain itu juga menyiagakan personil yang tersebar di beberapa titik.

“Kami melakukan berbagai upaya untuk memperkuat keandalan pasokan listrik selama acara berlangsung,” kata Toni.

Untuk menjaga kelacaran pasokan listrik saat acara berlangsung, PLN UIW Sumbar UP3 Bukittinggi menyiapkan tiga titik prioritas pengamanan.

Adapun titik prioritas pengamanan pasokan listrik tersebut di antaranya Hotel Novotel sebagai tempat Wapres menginap, Pelataran Utama Jam Gadang yang menjadi lokasi puncak acara berlangsung, serta Balai Sidang Bung Hatta sebagai lokasi Sarasehan Budaya dan Pengembangan Ekonomi Sumbar.

“Kami siapkan listrik yang andal melalui penyulang utama, dan skema backup di masing-masing lokasi dengan dua sampai tiga lapis dan petugas siaga,” ungkap Toni.

Saat apel pelaksanaan pengamanan yang berlangsung di Lapangan Wirabraja atau Lapangan Kantin, PLN menyiapkan dua lapis pengaman seperti back up feeder dan dua genset di antaranya genset berkapasitas 72 kilo Volt Ampere (kVA) dan 15 kVA.

Kemudian untuk kunjungan kerja dan Pembukaan Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia yang berlokasi di Istana Bung Hatta dan Plataran Jam Gadang, PLN menyiapkan dua lapis pengaman diantaranya genset PLN 1×72 kVA dan 1×125 kVA, genset penyelenggara acara 1×100 kVA, 1×200 kVA, 1×180 kVA, 1×45 kVA dan genset hotel 2×400 kVA.

“PLN juga siagakan tim untuk standby bila terjadi hal-hal yang sifatnya emergency, sehingga petugas dapat bergerak dengan tanggap untuk mengatasinya. Suatu kebanggaan bagi kami dapat mengawal kegiatan kunjungan kerja tersebut sehingga bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Toni lagi.

Komandan Detasemen Zeni Bangunan (Denzibang) 5/I Letnan Kolonel Suyanto, SE pun mengapresiasi upaya PLN dalam memberikan pelayanan optimal listrik tanpa kedip saat kunjungan Wapres dan pembukaan GERNAS BBI berlangsung.

“Kita mengapresiasi PLN atas sinergi dan dukungan yang luar biasa baik sebelum maupun pertengahan acara dalam menjaga keandalan pasokan listrik sehingga acara kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia dapat berjalan dengan lancar. Tim PLN dengan APD lengkap terlihat sigap dalam menyikapi berbagai situasi yang berpotensi akan mengganggu kelancaran pasokan listrik selama acara berlangsung,” tutur Suyanto.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.