PLBG Talang Duku dan PLTMG Sei Gelam Beroperasi, Listrik di Sumbagsel KianTangguh

(Palembang, 18 Oktober 2011) Kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), bakalan semakin tangguh, baik dari sisi pasokan maupun kualitas keandalan menyusul telah beroperasinya pembangkit Tenaga Listrik Bahan Bakar Gas (PLBG)  Talang Duku dengan kapasitas terpasang 60 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG) Sei Gelam Jambi yang berkapasitas 12 MW.

Pengoperasian secara resmi kedua pembangkit listrik yang mengandalkan energi gas ini dilakukan oleh Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan di lokasi PLTG Talang Duku yang terletak di Kabupaten Musi Banyu Asin, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/10).

Kedua pembangkit listrik ini  merupakan bagian dari proyek sewa atau sewa beli pembangkit listrik di wilayah Sumbagsel yang saat ini sedang berjalan dengan total kapasitas mencapai 232 MW.

Sementara itu, pengadaan PLBG Talang Duku merupakan kontrak perjanjian dengan skema sewa beli/Build Own Operate and Transfer (BOOT) antara PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumbagsel dengan konsorsium PT PP (Persero) – PT Bangun Energy Resources – PT Navigat Energy – PT SNC Lavalin dan General Electric.

Kontrak perjanjiannya telah ditandatangani pada 24 Maret 2011. Sedangkan PLTMG Sei Gelam merupakan kontrak perjanjian dalam skema sewa antara PLN) dengan PT Kertabumi Teknindo yang telah ditandatangani pada 25 April 2011.

PLBG Talang Duku terdiri dari 2 unit mesin pembangkit. Untuk Unit 1 dengan kapasitas 23 MW sudah mulai beroperasi di bulan Oktober ini, menyusul kemudian Unit 2 yang rencananya mulai beroperasi pada awal bulan depan. Sedangkan untuk PLTMG Sei Gelam Jambi terdiri dari 9 Unit yang masing masing berkapasitas 1,9 MW dan sudah beroperasi seluruhnya.

Pendanaan pembangunan PLBG Talang Duku maupun PLTMG Sei Gelam berasal dari  berasal dari kontraktor/pengembang. Selanjutnya, PLN akan melakukan pembayaran  berdasarkan produksi kWh yang dihasilkan  selama masa kontrak selama 7 tahun sejak beroperasi secara komersial (COD/Commercial of Date) untuk PLBG Talang Duku dan jangka waktu 6 Tahun sejak COD untuk PLTMG Sei Gelam Jambi.

Selain bertujuan untuk  semakin memperkuat keandalan dan ketangguhan pasokan listrik di wilayah Sumatera, khususnya Sumbagsel sekaligus untuk memenuhi kebutuhan konsumsi listrik yang terus meningkat di wilayah itu, pengoperasian PLBG Talang Duku dan PLTMG Sei Gelam juga dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Diperkirakan potensi penghematan pemakaian BBM bisa mencapai 134 juta liter per tahunnya atau setara dengan Rp. 1,2 trilyun / tahun.

Kedepannya, di wilayah Sumatera PLN berencana untuk lebih meningkatkan pemanfaatan gas untuk pembangkit-pembangkit Peaker. Pembangkit Peaker merupakan pembangkit pemikul  beban puncak. Dalam waktu dekat, PLN akan membangun Pembangkit Peaker di Sei Gelam Jambi  sebesar 90 MW dengan memanfaatkan teknologi CNG (Compressed Nutural Gas).  Teknologi ini memungkinkan gas marginal yang relatif kecil jumlah gasnya yang banyak tersedia di wilayah Sumatera Selatan dan Jambi untuk dimanfaatkan bagi pembangkit-pembangkit Peaker dengan kapasitas besar.

Selain itu dalam beberapa bulan kedepan terdapat beberapa pembangkit yang juga akan segera masuk ke sistem Sumatera, diantaranya pada bulan Desember 2011 ini akan segera beroperasi  pembangkit sewa beli PLTG Payo Selincah dengan kapasitas 100 MW dan PLTU Sebalang Unit 1 dengan kapasitas 100 MW. Sedangkan pada awal tahun 2012, segera menyusul beroperasinya pembangkit sewa beli PLBG Borang  dengan kapasitas 60 MW dan PLTU Sebalang Unit 2 berkapsitas 100 MW.

 

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id