Siaran Pers || 02 Dec 2022

Sukses Jalankan Transformasi Bisnis, PLN Raih Best BUMN Awards 2022

Bagikan:


Press Release No. 932.PR/STH.00.01/XII/2022

Jakarta, 2 Desember 2022 – PT PLN (Persero) meraih penghargaan The Best BUMN 2022 in Category Energy, Oil, and Gas Industry atas hasil inovasi melalui transformasi sistem digitalisasi dan Good Corporate Governance (GCG) yang dilakukan perseroan. Capaian tersebut diperoleh dalam penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2022 yang versi Warta Ekonomi Group pada Rabu (30/11) lalu.

Dalam sambutannya, Staff Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, kondisi perekonomian saat ini berdampak pada kinerja BUMN yang mulai membaik dan menunjukkan hasil yang mendekati sebelum Covid-19. Diharapkan hal itu menjadi langkah BUMN untuk bangkit dan lebih berkontribusi kepada pembangunan dan perekonomian Indonesia.

“Beberapa langkah transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN. yakni klasterisasi BUMN dan pembentukan holding BUMN, peningkatan transparansi melalu go public dan ekspansi usaha ke mancanegara atau go global,” katanya.

Dirinya juga berharap kepada para BUMN dapat mempertahankan dan meningkatkan capaian di tengah ancaman resesi global.

“Selamat kepada seluruh BUMN, yang mendapatkan penghargaan. Saya berharap tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja di masa yang akan datang. Sekalipun dihadapkan pada ancaman resesi global, tetap mewujudkan Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi berterima kasih kepada Warta Ekonomi Grup yang sangat luar biasa mengapresiasi kinerja PLN. Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 hingga tahun lalu, banyak pengamat memprediksi PLN akan mengalami banyak masalah, seperti demand yang turun, beban keuangan dan lainnya.

“Kami tidak menyerah, kami melakukan transformasi, inovasi dan efisiensi dengan pondasi digitalisasi. Bahkan PLN hingga kini masih berdiri kokoh hingga ke depannya, Alhamdulillah,” ucapnya.

PLN juga berhasil memperbaiki sistem pelanggan, salah satunya PLN Mobile. Awalnya rating PLN Mobile hanya 2,5, namun bisa meningkat drastis menjadi 4,8. Hasil transformasi terlihat dari jumlah pengunduh yang tercatat hingga lebih dari 35 jutaan downloader.

“Sebagai tindak lanjut dari KTT G20 di Bali, PLN juga mendapat tugas baru mengawal transisi energi ke depan. Kami dengan penuh semangat, berkomitmen membantu untuk mencapai Net Zero Emission 2060 mendatang,” tutupnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

  Go Top