Siaran Pers || 17 Jan 2022

PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip Jelang MotoGP di NTB

Bagikan:


Press Release No. 032.PR/STH.00.01/I/2022

Mataram, 17 Januari 2022 – Jelang tes pra musim MotoGP yang akan dihelat tanggal 13 – 15 Februari 2022, PLN kembali mempersiapkan infrastruktur kelistrikan di beberapa lokasi. PLN berkomitmen untuk menghadirkan layanan Zero Down Time (ZDT) pada gelaran MotoGP seperti ajang WSBK lalu.

Untuk merealisasikan layanan ZDT, saat ini PLN telah melakukan beberapa persiapan di lokasi seperti inventarisasi ulang kebutuhan material, peralatan cadangan, pengerjaan beberapa pekerjaan sipil, pemasangan kabel di beberapa titik dan mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran, mengungkapkan PLN masih menggunakan konfigurasi jaringan pada saat WBSK. Sumber pasokan listrik dari dua Gardu Induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol.

“Sebanyak 18 unit gen set, 17 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dan 6 buah Unit Gardu Bergerak akan tetap kami siapkan sebagai peralatan back-up apabila terjadi gangguan pada suplai utama,” jelas Lasiran.

Lasiran juga menjelaskan bahwa PLN terus berkoordinasi dengan PT ITDC. Utamanya, terkait dengan titik-titik di area sirkuit yang memerlukan aliran listrik. Sebelumnya, pada gelaran WSBK lalu, PLN menyiapkan pasokan listrik di enam lokasi tersebar, yakni main pit building, observation deck, medical center, bright sore, race control dan juga TV compound.

“Terdapat satu lokasi tambahan yang harus dipersiapkan kebutuhan listriknya oleh PLN, yaitu VIP Village. Saat ini, proses penyambungannya sedang dikerjakan oleh tim di lapangan,” tutur Lasiran.

Di sisi pembangkitan, PLN juga memastikan bahwa kondisi sistem dalam status normal. Saat ini beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok adalah 264 MW (MegaWatt) dengan daya mampu pembangkit adalah sebesar 329 MW. Terdapat cadangan daya sebesar 65 MW yang masih dapat digunakan oleh masyarakat.

“Untuk kesiapan energi primer juga aman. Kesiapan batu bara dan juga kemampuan pembangkit, terus kami pantau hingga gelaran MotoGP terlaksana di bulan Maret mendatang,” jelas Lasiran.

Tak hanya kelistrikan di area sirkuit saja, PLN juga mempersiapkan keandalan kelistrikan pada fasilitas pendukung seperti hotel, masjid yang berada di daerah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. PLN juga telah menyiapkan personel dan juga peralatan pendukung yang akan siaga selama pelaksanaan MotoGP.

“Seluruh lini sudah mulai bergerak. Tentunya kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan MotoGP. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat, supaya semua upaya dapat berjalan dengan lancar,” kata Lasiran.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore

  Go Top