Operasikan GI Sidomulyo, PLN Siap Sambut Investasi di Lampung Selatan

Konten PLN Mobile No. 129.PLN-MOBILE/STH.00.01/IX/2022

Bandar Lampung, 30 September 2022- PT PLN (Persero) berkomitmen untuk menarik investasi melalui penyediaan kebutuhan listrik yang andal dan berkualitas. Salah satu upayanya dengan mengoperasikan Gardu Induk (GI) Sidomulyo berkapasitas 60 megavolt ampere (MVA).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, hadirnya Gardu Induk Sidomulyo yang berlokasi di Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan ini berpotensi membuka peluang seluas-luasnya bagi pelaku bisnis dan industri untuk berinvestasi di Lampung Selatan.

“Beroperasinya GI Sidomulyo memberi sinyal bahwa PLN telah siap menyerap investasi pada sektor industri di Lampung Selatan. Gardu Induk berkapasitas 60 MVA,” kata Sindu.

Kehadiran GI yang berhasil dioperasikan ini akan memperkuat subsistem kelistrikan di Lampung, sehingga berdampak positif pada keandalan jaringan termasuk pada perbaikan kualitas tegangan pelayanan di sisi pelanggan.

Berdasarkan data, 30 persen dari kapasitas GI Sidomulyo diproyeksikan menjadi penopang energi listrik bagi industri yang berada di sekitar kawasan industri terdekat, seperti industri peleburan baja dan industri lainnya.

Menurutnya, pada industri peleburan baja, diproyeksikan menyerap energi listrik sebanyak 4 juta KWh dari GI Sidomulyo setiap bulannya, tentunya ini akan berdampak positif bagi perekonomian. Selain itu, energi listrik yang didistribusikan dari GI Sidomulyo akan menjadi penopang untuk kawasan bisnis, kawasan wisata dan permukiman rakyat.

“Ke depan, keberadaan Gardu Induk Sidomulyo akan memacu pertumbuhan ekonomi yakni tumbuhnya peluang-peluang baru yang dapat dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah daerah di wilayah tersebut,” pungkasnya.