Tingkatkan Produktivitas Masyarakat, PLN Hadirkan Budidaya Pala di Bawah Jalur Transmisi

Konten PLN Mobile No. 031.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Dengan budidaya pala, selain membawa manfaat ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat, juga bisa meningkatkan keandalan pasokan listrik.

Aceh, 16 Juni 2022- PT PLN (Persero) memberikan pendampingan budidaya tanaman pala kepada usaha tani pala Cot Kareung melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Selain itu, Hal ini juga merupakan salah satu langkah mengurangi gangguan listrik pada jaringan transmisi 150 kV Bireun – Sigli, Aceh, dengan

Manajer Bagian Keuangan dan Umum PLN UPT Banda Aceh, Rahmat mengatakan, program TJSL budidaya tanaman pala ini merupakan salah satu langkah mitigasi risiko dalam menjaga keandalan kelistrikan di Aceh.

“Penanaman pohon pala ini merupakan langkah antisipasi kami untuk mencegah gangguan listrik akibat pohon yang tumbuh di sekitar Right of Way (ROW) Transmisi 150 kV,” terang Rahmat.

Sebelumnya, lahan pala ini digunakan masyarakat untuk menanam pohon jati yang dapat tumbuh tinggi di sekitar jaringan transmisi 150 kV Bireun – Sigli, sehingga bisa menjadi sumber gangguan kelistrikan. Setelah tanaman tersebut diganti menjadi pala maka tidak ada lagi gangguan.

“Dengan beralih ke budidaya pala, selain membawa manfaat ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat, juga bisa meningkatkan
keandalan jaringan,” kata Rahmat.

Menurut Rahmat, listrik yang andal bisa terwujud dengan adanya kerja sama dan sinergi antara PLN, pemerintah daerah setempat, dan masyarakat untuk saling menjaga instalasi kelistrikan. Dengan listrik andal tentunya masyarakat dapat beraktivitas dengan tenang dan nyaman.

Sejalan dengan peningkatan keandalan jaringan, PLN dapat menekan biaya operasional dari berkurangnya kemungkinan gangguan yang diakibatkan oleh pohon.

“Kami juga berharap kepada masyarakat untuk dapat memahami pentingnya jalur bebas di sekitar instalasi sehingga sistem kelistrikan aman dari gangguan,” jelasnya.

Pendampingan budidaya pertanian ini merupakan bagikan dari kontribusi PLN menghadirkan Creating Shared Value (CSV) melalui program TJSL. Usaha tani pala yang terletak di desa Nangrhoe Timu, Aceh tersebut, mendapatkan bantuan dari PLN yang digunakan untuk pembersihan lahan, pembuatan lubang tanam, saluran irigasi, serta pembelian bibit pala dan pupuk.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu mengembangkan usaha kami. Semoga hal ini juga menjadi contoh bagi warga sekitar tower dalam pemanfaatan lahan sekitar tower,” kata Ketua Cot Kareung, Subhan

Pada kesempatan yang sama, Mukim Kecamatan Ulim, T. Razali berharap bantuan TJSL ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan PLN.

“Semoga dengan pelaksanaan program ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Nangrhoe Timu dan listrik di Aceh menjadi aman serta tidak ada lagi listrik padam,” ungkap Razali.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.