Peroleh Akreditasi ISO, Hasil Pengujian Laboratorium Minyak PLN Diakui Secara Internasional

Jakarta, 22 Desember 2022 – Laboratorium Penguji Minyak PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) berhasil memperoleh sertifikasi Akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) Erwin Ansori mengatakan, perolehan akreditasi ini merupakan bukti pemenuhan kompetensi PLN pada pelaksanaan pengujian di laboratorium. Sehingga kini, laporan hasil pengujian yang dikeluarkan oleh laboratorium penguji minyak PLN, lebih terjamin validitasnya dan diakui secara internasional.

“Jaminan mutu hasil pengujian laboratorium minyak PLN perlu ditunjang oleh adanya laboratorium pengujian yang memadai dan terakreditasi oleh instansi yang berwenang, dalam hal ini oleh Komite Akreditasi Nasional,” kata Erwin.

Erwin menambahkan, laboratorium pengujian yang baik harus memenuhi banyak kriteria. Antara lain manajemen laboratorium, personel yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai, prosedur operasional yang baku, sistem pengarsipan yang memadai, hingga laporan pengujian yang sesuai ketentuan.

“Peralatan laboratorium yang baik secara berkala dikalibrasi oleh laboratorium yang berwenang,” kata Erwin.

Penyerahanan Sertifikat Akreditasi ISO/IEC 17025:2017 ini diberikan secara langsung oleh Direktur Komite Akreditasi Nasional (KAN) Agustinus Praba Drijarkara kepada General Manager PLN UIT JBB Erwin Ansori di Gedung Serbaguna Kantor PLN UIT JBB.

Erwin berharap PLN terus memperluas perolehan akreditasi dari pengujian pengujian lainnya.

“Tahun ini kami berhasil mendapatkan sertifikasi pada ruang lingkup jenis pengujian bilangan asam atau Total Acid Number (TAN). Harapannya, ke depan bisa segera memperluas akreditasi pada jenis-jenis pengujian yang lain,” tutupnya.