Sentul, 22 Desember 2022– PT PLN (Persero) menjalin kerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak untuk memperkuat pemeliharaan infrastruktur kelistrikan tanpa mengabaikan ekosistem.

Kerja sama berupa dukungan pengoperasian dan pemeliharaan transmisi pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV jalur Tasikmalaya-Depok yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun (TNHGS) dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

Kerja sama tertuang dalam penandatanganan perjanjian antara General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat Erwin Ansori dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Wasja. Turut hadir dan menyaksikan Sekretaris Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Suharyono serta Direktur Bina Pengelolaan dan Pemulihan Ekosistem Ammy Nurwati.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat Erwin Ansori mengatakan, perjanjian kerja sama penting bagi kedua belah pihak. Karena, PLN tetap bisa menjalankan pengoperasian dan pemeliharaan transmisi SUTET 500 kV, akan tetapi ekosistem dan lingkungan di TNGHS bisa tetap terjaga.

“Perjanjian ini memberi manfaat bagi kedua belah pihak, mengingat ada aset negara yang dikelola oleh PLN di dalam kawasan Nasional yang juga dikelola oleh Negara, di mana Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebagai pengelolanya,” kata Erwin.

Erwin menjelaskan, ruang lingkup perjanjian kerja sama meliputi pemanfaatan sebagian kawasan hutan konservasi TNHGS untuk kepentingan pengoperasian dan pemeliharaan jaringan SUTET.

Kemudian, ada juga dukungan perlindungan dan pengamanan hutan, dukungan pengawetan flora dan fauna TNHGS, dukungan pemulihan ekosistem, dukungan penguatan kelembagaan, serta dukungan pemberdayaan masyarakat desa penyangga TNHGS.

“Keduanya punya peran penting dalam menjaga keberlangsungan proses yang menjadi tanggung jawab PLN dan THGS,” katanya.

Sekjen KSDE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Suharyono mengatakan, kerja sama ini bentuk dukungan PLN untuk menjaga konservasi di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNHGS). Namun demikian, Suharyono menilai, pemeliharaan menara dan jaringan listrik tidak bisa dielakkan dalam pembangunan strategis PLN.

Karena itu, selain mendukung program kerja PLN, kerja sama ini diharapkan mendukung terwujudnya keterpaduan dan sinergitas dalam pemanfaatan kawasan hutan Taman Nasional Gunung Salak Halimun (TNHGS). Serta terpeliharanya kelestarian alam, keanekaragaman hayati dan ekosistem kawasan TNGHS.

“Perjanjian kerja sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan PLN untuk Kegiatan Konservasi di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNHGS). Kami berharap dapat menambah semangat teman-teman dan membuat kinerja Balai TNGHS menjadi lebih baik. Terima kasih kepada PLN,” kata Suharyono.