PLN Siap Bangun GIS 150 KV Suvarna Sutera dan SUTT 150 KV Suvarna Sutera Incomer Guna Perkuat Kelistrikan Banten

Tangerang, 6 Agustus 2018 – Dalam rangka meningkatkan infrastruktur ketenagalistrikan, PLN melalui unit usahanya Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera Jawa (UIP ISJ) mengadakan Doa Bersama Pembangunan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 Kilo Volt (kV) Suvarna Sutera dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Suvarna Sutera Incomer, Senin (06/08/18).

Pembangunan ini berlokasikan di Desa Sindang Asih, Kabupaten Tangerang dengan kapasitas daya yang disalurkan sebesar 120 Mega Volt Ampere (MVA). Pembangunan ini meliputi GIS 150 kV (4 Bay Line, 2 Bay Trafo, 1 Bay Coupler) dan Transmisi Incomer 150 kV (4 Sirkit (2 x T ACSR 4 10, 0,3 kms), 2 Set Tower Dead End).

Pembangunan yang dikerjakan oleh PT Perfect Circle Engineering ini menghasilkan daya listrik yang akan disalurkan ke jaringan Tegangan Menengah 20 kV melalui 2 unit trafo 150/20 kV dengan kapasitas masing-masing sebesar 60 MVA. Gardu Induk ini mendapatkan suplai daya dengan memotong transmisi eksisting SUTT 150 kV Cikupa – Balaraja dengan skema double phi.

Haryanto WS, Direktur Regional Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero) mengungkapkan, pembangunan ini merupakan komitmen PLN untuk terus meningkatkan daya pasok dan keandalan sistem.

“Beroperasinya gardu induk ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi sekitar dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup masyarakat”, ungkapnya.

Pembangunan GIS 150 kV Suvarna Sutera dan SUTT 150 kV Suvarna Sutera Incomer ini merupakan wujud kerja nyata PLN dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur ketenagalistrikan, khususnya di Tangerang, Banten. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, baik pemerintahan dan masyarakat agar pembangunan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.