PLN Segera Listriki 3 Pulau di Kepulauan Banda

Banda, 9 Agustus 2018 – Sebagai bagian dari program 35.000 Megawatt (MW) dan juga program Maluku dan Maluku Utara Terang, PLN akan segera melistriki 3 pulau yang terletak di Kecamatan Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya kegiatan peletakan batu pertama untuk pembangunan masing-masing PLTD di ketiga pulau tersebut yang dilaksanakan pada hari Selasa (7/8) hingga Kamis (9/8).

Adapun ketiga pulau tersebut yakni Pulau Rhun, Pulau Ay dan Pulau Hatta yang terletak di Kepulauan Banda.

Sesuai dengan salah satu isu strategis Direktorat Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN yaitu percepatan desa berlistrik, PLT. Manajer PLN Area Ambon Muh. Ichlas Fattah mengatakan, setelah ini PLN akan fokus untuk segera melaksanakan pembangunan PLTD tersebut serta pembangunan jaringan di masing-masing pulau.

Untuk di Pulau Rhun, PLN akan membangun PLTD dengan kapasitas mesin 4×40 kW dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3,5 kms. Untuk Pulau Ay akan dibangun PLTD dengan kapasitas mesin 4×40 kW dan JTR sepanjang 4 kms. Sedangkan untuk di Pulau Hatta, akan dibangun PLTD dengan kapasitas mesin 3×40 kW serta JTR sepanjang 3 kms.

“Kami targetkan pekerjaan ini dapat selesai di Bulan Desember 2018 apabila tidak ada kendala yang disebabkam oleh cuaca guna transportasi materialnya. Selain itu, kami juga berterimakasih atas dukungan segala pihak sehingga lahan guna pembangunan ketiga PLTD ini dapat tersedia. Kami berharap ketika pembangunan seluruh infrastruktur ketenagalistrikan tersebut selesai dibangun, masyarakat juga dapat menjaganya karena ini merupakan asset kita bersama” ujar Ichlas.

Calon pelanggan PLN sendiri di masing-masing pulau tersebut yaitu sebanyak 275 pelanggan di Pulau Rhun, 237 pelanggan di Pulau Ay dan 179 pelanggan di Pulau Hatta. Dengan demikian akan ada 691 calon pelanggan yang akan menikmati listrik dari PLN di 3 Pulau tersebut.

Kepala Wilayah Kecamatan Kepulauan Banda Kadir Saliran mengatakan dirinya mengapreasiasi apa yang dilakukan oleh PLN untuk melistriki 3 pulau ini.

“Saya juga mengajak seluruh masyarakat di Pulau Rhun, Ay dan Hatta untuk mengapresiasi dan mendukung PLN yang akan segera membangun PLTD untuk melistriki ketiga pulau ini karena listrik adalah kebutuhan primer bagi kegiatan masyarakat”, jelasnya.

Kepala Desa Pulau Hatta Sudar Raharusun mengatakan, “Terimakasih kepada PLN yang akan segera melistriki desa kami. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi kegiatan perekonomian masyarakat dan kami berharap pembangunan ini dapat cepat selesai”, ujarnya.