PLN Luncurkan Pelayanan Teknik Era 2018

Pangkalpinang – PLN Babel me-launching pelayanan teknik era 2018 dengan mengimplementasikan program PS4 yang merupakan akroni dari Penampilan, Sikap, Senyum, Salam dan Sapa. Kegiatan yang digelar di GOR Sahabudin Pangkalpinang ini bertujuan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dengan diluncurkannya komitmen implementasi PS4 ini, petugas PLN yang melakukan pemeliharaan jaringan dan penanganan gangguan akan memiliki standar layanan yang lebih baik, mulai dari saat datang ke pelanggan, saat melakukan pekerjaan, dan saat pekerjaan selesai.

“Harapannya pelayanan yang diberikan PLN tidak mengecewakan dan pelanggan puas,” Ujar General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis.

Dalam bekerja, petugas PLN mengenakan seragam, memakai kartu identitas, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), dan membawa nomor pengaduan pelanggan. Lebih dari itu, petugas bekerja dengan sopan, menyampaikan salam sapa, tidak merokok selama melaksanakan tugas, meminta ijin ketika memasuki halaman rumah pelangan, dan mematuhi ketentuan K2/K3.

Selain itu, saat pekerjaan selesai petugas meminta tanda tangan laporan gangguan dan menginformasikan kepada pelanggan untuk memberikan penilaian tingkat kepuasan layanan. Terakhir petugas dilarang menerima tip selama bertugas dan wajib menjaga integritas.

Untuk mendukung implementasi PS4 ini PLN menyiapkan 272 personil petugas pelayanan teknik (YANTEK) yang tersebar di pulau Bangka sebanyak 170 petugas dan 102 petugas di Belitung. Petugas-petugas ini juga dilengkapi dengan sarana penunjang berupa 27 unit mobil dan 10 unit motor layanan gangguan serta berbagai peralatan kerja dilengkapi dengan APD.

Selain dari sisi SDM (Sumber Daya Manusia), PLN juga siap melayani kebutuhan investor karena saat ini kondisi kelistrikan di Bangka Belitung surplus. Kondisi ini diharapkan dapat dimanfaatkan para investor dan calon investor.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fattah menyampaikan apresiasinya kepada PLN.

“PLN sudah memberi bukti yang telah kita lihat bersama dengan minimnya keluhan dari pelanggan. Selain itu, pelanggan industri seperti perhotelan yang saat ini mulai tumbuh menunjukkan bahwa PLN Babel siap mendukung dari sisi kelistrikan,” ujar Abdul Fattah.