PLN Bantu Warga Mataloko Sambung Listrik Gratis Dan Seng Atap Rumah

(Kupang, 10 Januari 2018) PLN memberikan bantuan kepada masyarakat yang tinggal disekitar Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Mataloko, Kabupaten Ngada, NTT berupa bahan bangunan berupa seng dan sambungan listrik gratis.

Bantuan seng untuk atap rumah jenis Gulvalum untuk total 503 rumah warga. Sebanyak 1.151 lembar di Kelurahan Mataloko, Desa Ulubelu sebanyak 10.400 lembar , Desa Ratogesa sebanyak 8.096 lembar. Sedangkan sambungan listrik gratis bagi 98 warga yang tidak mampu yang tinggal di sekitar WKP Mataloko.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Desa Ratogesa , pada Rabu (10/1/2018) oleh General Manager PLN Wilayah NTT, Christyono.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut, Wakil Bupati Ngada, Paulus Soliwoa, Ketua DPRD Ngada, Helmut Waso, Camat Golewa, Camat Golewa Selatan, perwakilan penerima bantuan dari Kecamatan dan masyarakat di sekitar WKP Mataloko.

Wakil Bupati Ngada, Paulus Soliwoa menjelaskan setiap aktivitas pembangunan pasti bertujuan positif, tetapi harus diakui ada pula dampak yang dirasakan masyarakat sekitar lokasi pembangunan.

Dalam pembangunan pembangkit listrik PLTP Mataloko, lanjut Soliwoa, kita menyaksikan PLN berinisiatif dan berpartisipasi aktif memperhatikan masyarakat sekitar lokasi PLTP Mataloko,dengan memberikan bantuan CSR, berupa seng dan sambungan listrik gratis.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN dan masyarakat yang bersedia memberikan tanah untuk kepentingan masyarakat,” kata Soliwoa.
Sementara Ketua DPRD Ngada, Helmut Waso, mengatakan di Mataloko PLN menunjukan komitmen bagi masyarakat disekitar PLTP Mataloko.

“Atas nama pimpinan saya menghaturkan apresiasi tinggi kepada PLN, dan dalam kerja-kerja sebagai wakil rakyat kita akan selalu mendukung kegiatan pembangunan untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya.

General Manager PLN Wilayah NTT, Christyono, mengatakan bantuan yang diberikan PLN sebagai bukti tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar proyek PLTP. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat agar dapat meningkatkan aktivitas ekonomi yang menambah kesejahteraan masyarakat,” kata Christyono.

Chris mengatakan PLN sudah mengadakan pertemuan reguler dengan perwakilan Pemda Kabupaten Ngada. “Saya minta agar setiap progres dicatat dan dilaporkan untuk mempercepat proses penanganannya. Untuk itu sudah dibentuk Tim bersama PLN dan Pemda Ngada.

“Kami mohon masyarakat disekitar proyek agar tetap terus mendukung pembangunan PLTP yang merupakan energi yang ramah lingkungan dan merupakan energi yang dapat diwariskan kepada anak cucu untuk kesejahteraan masyarakat dalam menikmati listrik ,” tutur Chris

Dipenghujung acara, General Manager PLN NTT dan Wakil Bupati Ngada, meresmikan salah satu rumah Ibu Yustabona, salah satu warga penerima bantuan.

Ibu Yustabona mengungkapkan rasa syukurnya berterima kasih kepada PLN dan Pemda Ngada. “Terima kasih banyak, hanya Tuhan Allah yang dapat membalas kebaikan PLN dan Pemerintah,” ungkapnya dengan haru.