Gerakan Bersih Pantai Kenjeran Surabaya

Dalam rangka mendukung komitmen Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di laut sebesar 70% sampai dengan tahun 2025, Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Ditjen PPKL menyelenggarakan Gerakan Bersih Pantai di Taman Suroboyo Pantai Kenjeran, Surabaya.

Acara tersebut diikuti 1.400 peserta Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan yang berasal dari 33 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi dan lebih dari 100 DLH Kabupaten Kota se-Indonesia, anak sekolah kader lingkungan dan masyarakat sekitar. Acara yang berlangsung pada pukul 07.00 WIB di Taman Suroboyo Pantai Kenjeran, Surabaya ini turut dihadiri Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan M. R Karliansyah, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Pantai Kenjeran dipilih DLH Jawa Timur sebagai lokasi acara untuk menunjukkan kebersihan Pantai Surabaya yang memiliki Taman Kota. Pantai ini diharapkan bisa menjadi patokan atau contoh bagi Provinsi dan Kota Kabupaten lain.

Anak perusahaan PLN, Pembangkitan Jawa Bali (PJB) sebagai salah satu pelaku industri juga ikut berpartisipasi dalam rangka mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan yang peduli dengan lingkungan sekitar. Melalui kegiatan ini, PJB bersama-sama para stakeholder, turut menjadi penggerak masyarakat dalam mengurangi sampah plastik di laut.