Komisi VII DPR RI Tinjau MVPP 240 MW di Belawan

Medan, 5 Oktober 2017 – Komisi VII DPR RI didampingi Direktur Bisnis Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto, melakukan Kunjungan Kerja Spesifik Panja Ketenagalistrikan ke PLN Sektor Pembangkitan Belawan, Kamis (5/10). Kunjungan kerja yang dipimpin Ketua Komisi VII DPR RI, H. Gus Irawan Pasaribu ini membahas mengenai kondisi kelistrikan di Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini, rombongan meninjau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan. MVPP berkapasitas 240 Megawatt (MW) ini merupakan salah satu solusi bagi sistem ketenagalistrikan Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) yang sebelumnya masih defisit. Dengan kehadiran pembangkit yang beroperasi sejak 16 Juni 2017 ini, sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sebesar 110 MW atau 6%.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada PLN karena berhasil mengatasi permasalahan defisit di Sumatera Utara. Memang masih ada pemadaman, tetapi karena pemeliharaan. Dengan adanya tambahan MVPP ini, Sumatera Utara memiliki potensi untuk menarik para calon investor untuk mengembangkan industri mereka,” ujar Gus Irawan.

Gus Irawan juga menyampaikan dukungannya untuk PLN agar dapat terus memperkuat sistem kelistrikan Sumatera Utara, khususnya pada daerah terluar, Kepulauan Nias.

Gus Irawan hadir bersama empat anggota Komisi VII DPR RI, yakni Muhammad Nasir, Tjatur Sapto Efy, KH. Nawafie Saleh, dan Peggi Patricia Pattipi. Lawatan turut dihadiri oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Alihuddin Sitompul dan General Manager PLN Regional Sumatera Utara di antaranya Bambang Iswanto (GM PLN Pembangkitan Sumbagut), Feby Joko Priharto (GM PLN Wilayah Sumut), Bernadi Sudirman (GM UIP Kitsum) Weddy, dan Octavianus Padudung (GM PLN UIP Sumbagut).