Komisaris Utama PLN Tinjau Kelistrikan Bangka Belitung

Komisaris Utama PLN Hasan Bisri bersama anggota komisaris Budiman dan Ilya Avianti melakukan kunjungan kerja ke PLN Wilayah Bangka Belitung (Babel) untuk meninjau sistem kelistrikan dan pelayanan pelanggan PLN Babel pada Rabu (9/8/2017).

“Kami ingin menggali informasi langsung serta meninjau layanan yang telah diberikan PLN kepada pelanggan, untuk nantinya dibawa ke pusat sebagai bahan pertimbangan menyusun kebijakan,” ujar Hasan Bisri saat melihat langsung mekanisme pelayanan seperti dinas gangguan, penjualan, dan pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) di Rayon Pangkalpinang dan Area Bangka.

PLN Babel menjadi unit PLN yang berhasil dalam penerapaan layanan listrik prabayar di Indonesia. Sejak Mei 2017, seluruh pelanggan PLN Babel sudah menggunakan listrik prabayar.

“Saya turut mengapresiasi atas pencapaian ini, karena seluruh pelanggan telah terlayani menggunakan listrik prabayar alias 100 persen, sehingga kulaitas layanan kepada pelanggan dapat ditingkatkan,” kata Hasan Bisri.

Dewan komisaris PLN ini selanjutnya mengunjungi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan mobile power plant (MPP) Air Anyir yang merupakan pemasok utama listrik di Bangka Belitung.

Mereka ingin memastikan bahwa memastikan progres pembangunan proyek-proyek transmisi dan pembangkit untuk Provinsi Bangka dan Belitung berjalan dengan baik sesuai rencana.

Pada Kamis (10/18/2017), rombongan komisaris berkunjung ke pembangkit listrik tenaga biomass (PLTBm) Listrindo Kencana untuk melihat pembangkit yang bersumber dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Bauran energi, seperti EBT ini akan sangat baik bagi PLN ke depan mengingat target penggunaan 25 persen energi primer nantinya berasal dari energi baru terbarukan,” ujar Hasan Bisri.

Kemudian rombongan bertolak ke Belitung untuk memantau keandalan pasokan listrik di pulau Belitung. Di sana Dewan Komisaris berkunjung ke PLTU Suge untuk memastikan pembangkit berbahan bakar batu bara tersebut berjalan dengan baik.

Pada Jumat (11/08) rombongan berkunjung ke kantor layanan Area Belitung dan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) Austindo untuk melihat pemanfaatan limbah cair kelapa sawit yang dijadikan pembangkit listrik.