Pulihkan Sistem Kelistrikan Sanana, PLN Berhasil Operasikan 2 Unit Mesin

Sanana, 26 Juli 2017 – PLN terus lakukan langkah cepat guna memulihkan sistem kelistrikan di Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara pasca terbakarnya 5 unit mesin sewa di PLTD Waikalopa minggu lalu, (19/7). Hari ini, Rabu (26/7), PLN mengoperasikan 2 unit mesin masing-masing berkapasitas 800 kW. Kedua mesin tersebut didatangkan PLN dari Ambon dan tiba di Sanana pada Selasa (25/7) pagi.

Untuk mengoperasikan kedua mesin tersebut, PLN terlebih dahulu melakukan upaya pembersihan lokasi kebakaran di PLTD Waikalopa, pembongkaran dan pengangkutan kedua mesin dari kapal hingga ke lokasi, serta melakukan proses instalasi mesin.

Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara (PLN M2U) Eddy Irawan menyampaikan, saat ini kedua mesin dibebani daya 1.470 kW. Daya ini baru 90% dari total daya mampu keduanya yang sebesar 1.600 kW. Hal ini dilakukan karena kedua mesin yang baru dioperasikan tersebut masih harus dimonitor dan dievaluasi.

Mesin-mesin tersebut akan digunakan untuk melitriki Kampung Baru, Kampung Mangenga, Desa Bajo, Desa Pohea, Desa Waigoiben, Desa Waihama, Desa Waipa, Waibau, sebagian Desa Fagudu dan sebagian Desa Mangon.

“Selain mesin dari Ambon, kami akan menambah 3 mesin lagi dari Ternate dengan kapasitas masing-masing 800 kW. Dengan demikian, nantinya akan ada 5 mesin di PLTD Waikalopa dengan total kapasitas 4.000 kW. Ketiga mesin tersebut masih dalam proses bongkar muat di dermaga Waikalopa”, tambah Eddy.

Ke depan, dengan beroperasinya seluruh mesin di PLTD Waikalopa, Pulau Sulabesi Sanana akan memiliki cadangan daya sebesar 900 kW, dimana Beban Puncak di daerah tersebut mencapai 3100 kW.

Kontak:
Eddy Irawan
Manajer Bidang SDM dan Umum Wilayah Maluku dan Maluku Utara
Tlp. (0911) 3411810
Fax. (0911) 310910
Email. eddyirawan67@gmail.com