⁠⁠⁠Pasca Banjir Bangka Belitung, PLN Lakukan Penormalan Aliran Listrik Secara Bertahap

Bangka Belitung, 14 Juli 2017 – Akibat Hujan lebat yang mengguyur Provinsi Bangka Belitung sejak Jumat (14/7/2017) mengakibatkan sejumlah infrastruktur kelistrikan di lima kecamatan di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, terendam banjir. Saat ini PLN langsung bergerak untuk memperbaiki dan melakukan pemulihan aliran listrik.

Dari hasil verivikasi sementara untuk wilayah Belitung tercatat 10 buah feeder padam dan 556 unit trafo terendam air, hal ini menyebabkan 28 ribu pelanggan harus mengalami pemadaman.

Sementara untuk wilayah Bangka tercatat 38 trafo terendam banjir dan 2 buah feeder mengalami kerusakan yang disebabkan angin kencang dan luapan banjir. Kondisi ini mengakibatkan terputusnya aliran listrik untuk 3 ribu pelanggan di Bangka.

“Saat ini tim kami telah melakukan survey untuk melihat kondisi kerusakan yang terjadi akibat luapan air maupun angin yang kencang, penormalan aliran listrik saat ini mulai kami lakukan secara bertahap, kami mohon maaf dan mohon bantuan masyarakat untuk bisa  melaporkan kepada PLN terdekat jika melihat infrastruktur listrik yang terendam banjir” Ujar GM Wilayah Babel Susiana Mutia

Dirinya menambahkan sejumlah jalan yang terputus akibat banjir menjadi tantangan dalam proses perbaikan jaringan listrik di Bangka Belitung.

Sementara itu terkait keselamatan warga agar terhindar dari bahaya kelistrikan saat banjir, PLN menghimbau warga melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Apabila air sudah mencapai sumber listrik (stop kontak), segera matikan listrik dari saklar mcb di kwh meter.

2. Peralatan listrik sebaiknya dimatikan dengan mencabut kabel dari stop kontak.

3. Setelah banjir surut sebaiknya seluruh peralatan listrik dikeringkan dengan sempurna sebelum digunakan kembali.

Bantuan Untuk Korban Banjir

PLN telah membangun pos siaga untuk membantu warga serta memantau perbaikan yang dilakukan oleh petugas PLN.

Posko yang terletak di PLN Area Belitung juga menyiapkan sejumlah bantuan makanan dan sembako berupa Mie Instan, Beras, Air Mineral dan Snack

“Dalam kondisi banjir seperti ini, warga pasti sulit mendapatkan makanan, untuk itu melalui program PLN Peduli kami membagikan sejumlah bantuan agar bisa sedikit meringankan beban warga korban banjir”pungkas Susiana Mutia

Kontak Person :
Agus Yuswanta
Deputy Manajer Hukum dan Humas
PLN Wilayah Bangka Belitung