PLN Borong 5 Human Capital Excellence Awards dari Brandon Hall, Amerika

Press Release No. 346.PR/STH.00.01/VIII/2024

Jakarta, 30 Agustus 2024 – PT PLN (Persero) berhasil meraih lima penghargaan dalam ajang Human Capital Excellence Awards yang digelar oleh Brandon Hall Group. Penghargaan ini diperoleh PLN karena telah berhasil melakukan transformasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) pegawai yang berdampak pada transformasi bisnis perusahaan.

Excellence Awards merupakan penghargaan kepada organisasi terbaik yang berhasil menerapkan program, strategi, modalitas, proses, sistem, dan alat yang telah mencapai hasil terukur. Penghargaan ini digelar oleh Brandon Hall Group sebuah perusahaan riset dan analis Amerika yang menyediakan data, penelitian, wawasan, dan sertifikasi kepada eksekutif dan organisasi Pembelajaran, Bakat, dan SDM.

Melalui PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Corporate University/CorpU), Perseroan mendapat empat Gold Award untuk kategori Best Learning Program Supporting A Change Transformation Business Strategy, Best Learning Technology Implementation, Best Corporate Learning University dan Best Leadership Development Program, serta satu Bronze Award untuk kategori Best Results of A Learning Program.

COO Brandon Hall Group, Rachel Cooke mengatakan, para pemenang Human Capital Excellence Award telah berhasil mendorong peningkatan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang berkontribusi pada perusahaan maupun masyarakat.

Secara khusus, Brandon Hall Group menilai bahwa konsistensi yang dilakukan oleh PLN CorpU merupakan langkah yang sangat baik dalam mendukung pengembangan Pegawai dan leader PLN guna mendukung transformasi bisnis PLN, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan masyarakat.

“Para pemenang Excellence Award terbukti sebagai organisasi yang menghargai karyawannya dan berinvestasi kepada mereka melalui program pengembangan Human Capital Management (HCM) yang telah divalidasi sebagai yang terbaik di kelasnya dari aspek nilai bisnis serta dampaknya,” ujarnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti nyata pengakuan program pendidikan dan pelatihan yang diimplementasikan PLN telah berdampak pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas pegawai untuk pencapaian kinerja bisnis perusahaan.

“Penghargaan ini semakin memotivasi PLN untuk terus melanjutkan transformasi pengembangan pendidikan dan pelatihan bagi pegawai yang berkelanjutan serta memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan masyarakat,” ungkapnya.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto mengatakan, penghargaan dari lembaga internasional ini merupakan pencapaian yang membanggakan bagi PLN. Hal ini membuktikan Perseroan telah menerapkan Program pembelajaran korporat dengan standar internasional.

“PLN tetap berkomitmen untuk mengembangkan SDM unggul melalui berbagai pendidikan dan pelatihan yang mendukung peningkatan kompetensi dan karir pegawai, meliputi pengetahuan produk, keterampilan dan kecakapan baik teknis maupun non teknis, serta materi khusus untuk memperdalam pemahaman dan manajemen pegawai,” pungkasnya.

Sebelumnya, PLN CorpU juga meraih akreditasi Corporate Learning Improvement Process (CLIP) dari European Foundation for Management Development (EFMD) pada Januari 2023, serta penghargaan Gold Award untuk kategori Culture dari Global Council of Corporate University (GCCU) Forum pada Mei 2023.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.