Press Release No. 657.PR/STH.00.01/XI/2023
Biak Numfor, 28 November 2023 – PT PLN (Persero) mendukung pengembangan wisata Papua melalui bantuan sanitasi fasilitas umum dan kebersihan di objek wisata Pulau Sapomi, Biak Numfor. Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli ini, membuat aktivitas masyarakat lebih mudah dan bersih.
Bantuan diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik negara (BUMN), Tedi Bharata, didampingi Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto, kepada kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata Sapomi, Daniel Yarangga, Kamis, (23/11).
Ketua Kelompok Sadar Wisata Sapomi, Daniel Yarangga mengungkapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan oleh PLN untuk mengembangkan wilayahnya sebagai daerah wisata. Bantuan ini ia harapkan dapat mempermudah wisatawan untuk menikmati fasilitas umum yang lebih lengkap dan nyaman saat berwisata di Sapomi.
“Lewat adanya bantuan dari PLN, kami berharap bisa mengangkat Sapomi ke depannya. Sebelumnya kami harus angkat-angkat ember untuk ambil dari sumber air, sekarang aliran dan keran air sudah dibangun dan membuat mudah. Pengunjung yang datang juga pasti sekarang bisa lebih nyaman. Kami menyampaikan banyak terima kasih,” ungkap Daniel.
Sebelumnya, PLN juga telah memberikan bantuan pembangunan fasilitas seperti dua buah gazebo, instalasi lampu penerangan, spot foto serta papan nama lokasi yang saat ini progres pembangunannya mencapai 80 persen.
Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata menyampaikan bahwa dalam membuat perubahan dan kemajuan di Indonesia, memang memiliki tantangan tersendiri dengan karakteristik kepulauannya.
Menurutnya, peran dari BUMN menjadi sangat penting. Komitmen untuk menjalankan amanah sesuai dengan core business masing-masing perusahaan, perbaikan dalam pelayanan masyarakat, menjalankan bisnis dengan baik, tentunya akan memberikan dividen yang bisa membantu pemerintah dalam menuntaskan program-program pembangunan.
“Kami berharap bantuan yang diberikan PLN sebagai salah satu BUMN ini dapat meningkatkan hal tersebut. Kami juga berharap ini dapat terus dijaga keberlanjutannya sehingga dapat memberikan manfaat-manfaat lainnya. Semoga bisa memberikan banyak manfaat dan minta tolong agar bantuan yang sudah diberikan bisa dijaga,” papar Tedi.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto mengatakan, PLN melalui program TJSLnya memiliki komitmen untuk mendukung pengembangan pariwisata Papua, khususnya Biak Numfor, di mana kali ini diwujudkan dengan bantuan sanitasi fasilitas umum dan kebersihan ini.
“Bantuan-bantuan ini merupakan salah satu tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN, selain tugas utamanya sebagai penyedia kelistrikan untuk masyarakat,” ujar Adi.
Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Wilayah papua dan Papua Barat, Budiono berharap dengan bantuan pengembangan pariwisata melalui fasilitas umum ini nantinya juga akan meningkatkan perekonomian warga sekitar.
“Dengan pengembangan wisata yang bisa dimaksimalkan, kami berharap dapat mempengaruhi bergeraknya roda perekonomian di Biak yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. PLN berharap bantuan ini bisa terus dirawat dan digunakan sebagaimana mestinya,” ujar Budiono.
Fasum sanitasi berupa tandon air berukuran 1.200 liter dan peralatan kebersihan yang diberikan ini merupakan bantuan kedua yang sudah disalurkan PLN untuk Kelompok Sadar Wisata Sapomi. Selain sarana kebersihan dan sanitasi, PLN juga menyalurkan 50 paket peralatan sekolah berupa tas sekolah dan alat tulis kepada siswa SD Inpres Bridge 2.
“Harapannya, dengan bantuan tersebut dapat menambah semangat dan antusiasme anak-anak untuk terus belajar,” pungkas Budiono.
Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.