PLN Mengajar, Edukasi Generasi Muda Untuk Peduli K2

Konten PLN Mobile No. 032.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Payakumbuh, 16 Juni 2022 – PT PLN (Persero) menggelar PLN Mengajar untuk mengedukasi generasi muda agar mengenal Keselamatan Kelistrikan (K2).

Manager UP3 Payakumbuh Edy Saputra menjelaskan edukasi yang diberikan PLN antara lain penjelasan terkait jenis-jenis kecelakaan umum di bidang kelistrikan, potensi bahaya listrik, serta kiat dan kebiasaan untuk mencegah potensi bahaya listrik hingga cara penanggulangan kecelakaan listrik.

”Melalui PLN Mengajar, kami ingin bekerjasama dengan masyarakat, dimulai dari generasi muda, untuk menjaga aset-aset kelistrikan dari aktivitas atau keadaan yang berpotensi bahaya. Masyarakat yang sudah teredukasi harapannya akan mendukung menjaga keselamatan instalasi pelanggan dan milik PLN. Ini akan berdampak pada pelayanan PLN yang lebih baik,” lanjut Edy.

Beberapa kebiasaan yang dapat menghindari bahaya listrik adalah memeriksa instalasi secara berkala dan menghindari pemakaian listrik yang berbahaya, seperti stop kontak yang menumpuk, memegang aliran listrik saat anggota tubuh sedang basah, dan penggunaan kabel yang telah terkelupas.

“Menghindari potensi-potensi bahaya kelistrikan dapat menghindari masyarakat dari terjadinya kebakaran bahkan hingga timbul korban jiwa,’’ terang Edy kemudian.

Kegiatan serupa diadakan pula di SMAN 1 Kota Solok, Rabu (15/06). Kepada para siswa dan jajaran pengajar, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Solok hadir sampaikan paparan seputar kelistrikan, meliputi; kondisi kelistrikan di Sumbar, produk dan layanan PLN, bayar listrik tepat waktu, dan sosialisasi Keselamatan Kelistrikan (K2).

Manager UP3 Solok Sigit Hari Wibowo menyampaikan, PLN memiliki tanggung jawab dan kewenangan pada jaringan listrik hingga sambungan rumah (SR) dan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) atau meteran pelanggaan.

Kemudian seiring dengan perkembangan teknologi, edukasi tentang penggunaan PLN Mobile sebagai fasilitas layanan berbasis teknologi juga terus disosialisasikan.

“Dengan menggunakan aplikasi ini Bapak/Ibu dapat mengakses layanan kelistrikan di manapun dan kapanpun. Pembayaran listrik, pembelian token, pengaduan gangguan, hingga informasi-informasi terkini dari PLN telah dirangkum dalam PLN Mobile,” pungkas Sigit.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.