Dukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, PLN Dampingi UMKM Perempuan di Kaltim

Konten PLN Mobile No. 030.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Balikpapan, 15 Juni 2022 – PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) lakukan beberapa program pemberdayaan perempuan di beberapa wilayah kerja UIP Kalimantan bagian Timur.

General Manager PLN UIP KLT Josua Simanungkalit menjelaskan pemberdayaan masyarakat saat ini menjadi fokus program TJSL sesuai dengan penerapan ISO 26000 dan sustainable development goals (SDG’s) serta arahan Kementerian BUMN. Pada tahun 2022 program pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh UIP KLT yaitu, pengembangan Kelompok UMK dan kegiatan pemberdayaan melalui Kelompok PKK serta Kelompok Pemberdayaan Wanita lainnya.

“Kami yakin, para perempuan-perempuan hebat ini akan menjadi pendorong kesejahteraan keluarga melalui ketrampilan dan usaha yang dijalani,” tambah Josua.

Terdapat 6 program pemberdayaan perempuan, seperti Pembinaan dan Naik Kelas UMK kuliner yang tergabung dalam komunitas MC of Mangrove di Balikpapan, Pembinaan dan Naik Kelas Kelompok Usaha Bersama Amanah 32 di Samarinda, Pembinaan dan Naik Kelas Kelompok Usaha Pemanik di Samarinda, Pengembangan Kelompok Pengrajin Tenun Ikat di Sangatta, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Holtikultura dan Produksi Wedang Jahe Bawang Dayak di Berau.

“Bantuan yang diberikan tidak hanya alat-alat penunjang produksi melainkan ada pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para pelaku usaha/anggota kelompok,” ujar Josua.

Melalui program pemberdayaan ini, dapat tercipta produk yang inovatif dan mampu bersaing di pasar. PLN UIP KLT bersama fasilitator seperti Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota/Kabupaten hingga di tingkat Provinsi, serta Pusat Layanan UsahaTerpadu (PLUT) Kalimantan Timur akan membersamai pertumbuhan kelompok usaha sehingga dapat menjadi kelompok usaha yang kuat dan maju.

“Harapan kami, semoga apa yang PLN upayakan untuk masyarakat, baik dalam rangka untuk menyediakan tenaga listrik yang andal, serta kegiatan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat hingga daerah sekitar dapat tercapai. Sehingga manfaat nya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” tutup Josua.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.