PLN terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya pelanggan tegangan tinggi.
Jember, 18 Mei 2022 – PT PLN (Persero) terus meningkatkan kualitas dalam melayani kepada seluruh pelanggannya. Salah satunya dengan penambahan kapasitor di Gardu Induk (GI) untuk meningkatkan kualitas tegangan kepada konsumen.
Hal ini diwujudkan dengan penyelesaian pekerjaan penambahan kapasitor di Gardu Induk (GI) Puger untuk meningkatkan kualitas tegangan kepada salah satu Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) PT Semen Imasco Asiatic dengan daya terpasang sebesar 30 Megavolt Ampere (MVA).
Penambahan kapasitor ini berguna untuk meningkatkan kualitas tegangan listrik pada pelanggan yang berada jauh dari pusat pembangkit.
Sebelum dilakukan penambahan kapasitor, tegangan yang terukur sebesar 143 kilo Volt (kV) setelah beroperasinya Kapasitor 1, tegangan meningkat menjadi 146 kV, sehingga terjadi kenaikan sekitar (+-2kV) menyesuaikan kondisi sistem.
General Manager PLN UIT JBM Didik F. Dakhlan mengatakan akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya pelanggan KTT.
“Dengan adanya penambahan kapasitor ini, tegangan listrik di seluruh pelanggan pastinya lebih andal terlebih pelanggan KTT yang banyak menggunakan mesin-mesin elektronik dalam produksi,” katanya.
Didik menambahkan, dalam pekerjaan ini, PLN mengeluarkan biaya investasi sejumlah 6,8 miliar. Pekerjaan penambahan kapasitor memakan waktu selama 251 hari dari 16 Agustus 2021 hingga 23 April 2022.
Dengan beroperasinya kapasitor baru ini, kualitas tegangan dan keandalan sistem kelistrikan untuk jember dan sekitarnya dapat berjalan lebih optimal.“Semua kami lakukan demi pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan” lanjut Didik.
Manager Divisi Kelistrikan PT Semen Imasco Asiatic Mr. Chen Xiaolai mengakui, setelah adanya penambahan kapasitor, daya tegangan lebih stabil dari sebelumnya.
“Kami telah melakukan pengecekan tegangan beberapa kali lebih dari satu minggu. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PLN yang terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya,” katanya.
Selain menyelesaikan proyek penambahan kapasitor di gardu induk, PLN UIT JBM saat ini sedang melakukan persiapan menjelang energize IBT 5 GITET Krian 500/150 kV 3 x 166,7 MVA.
Beberapa persiapan dikerjakan secara online dan bertegangan, seperti perbaikan jalur penghubung dari satu komponen ke komponen lain (penjumperan koneksi) yang telah selesai dilaksanakan selama 2 hari (18-19/4) dengan mengerahkan 10 personel tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).
Adanya pekerjaan tersebut diharapkan dapat mempelancar proses energize IBT 5 GITET Krian dan keandalan sistem transmisi sertai suplai pasokan listrik ke pelanggan dapat terus andal.
Narahubung
Dini Sulistyawati
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.