Sukses Berdayakan Masyarakat, PLN Raih 6 Penghargaan Nusantara CSR Awards 2021

• Press Release No. 431.PR/STH.00.01/I/2021








 

Sepanjang tahun 2021, PLN telah meraih total 30 penghargaan CSR sebagai bukti keberhasilan penerapan Creating Shared Value bagi masyarakat.
 
Jakarta, 17 September 2021- PT PLN (Persero) meraih enam penghargaan pada ajang Nusantara CSR Award yang diselenggarakan The La Tofi School of CSR di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, pada Rabu (15/9).

Pencapaian ini merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan PLN dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang berkelanjutan dengan menekankan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan menciptakan Creating Shared Value (CSV) bagi masyarakat.

“Penghargaan ini menjadi motivasi PLN untuk membuat program TJSL yang lebih inovatif dan makin bermanfaat bagi masyarakat," ujar Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Agung Murdifi.

Keenam program TJSL PLN yang meraih penghargaan dalam ajang Nusantara CSR Award yaitu:
 
1. Program Pelatihan Pemuda Putus Sekolah dan Pembukaan Kedai Usaha oleh Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) untuk kategori Peningkatan Mutu Pendidikan.
2. Program Sahabat Difabel Jepara (Terus Berkarya dalam Keterbatasan) oleh Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B untuk kategori Pemberdayaan Penyandang Disabilitas.
3. Program Kampung Sayur Hidroponik oleh Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) untuk kategori Peningkatan Mutu Kesehatan.
4. Program Pengembangan Desa Wisata Dengan Pelatihan Pemandu Wisata Dan Marketing Serta Fasilitas Pendukung Objek Wisata Air Terjun Petapan oleh Unit Induk Distribusi (UID) Bali untuk kategori Pengembangan Desa Wisata.
5. Program Pengembangan Bank Sampah dan pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas Kabupaten Banjar oleh Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) untuk kategori Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah.
6. Program Budidaya Rempah Jahe Merah Kelompok Usaha Tani Sejahtera oleh UIP Nusra untuk kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas.

Program TJSL PLN diarahkan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat menjadi lebih tangguh, mandiri dan sejahtera. Demikian juga komitmen untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Bahkan, kami juga memberikan perhatian kepada saudara-saudara kita kelompok rentan seperti difabel," tambah Agung.

Dalam sambutannya, Chairman The La Tofi School of CSR sebagai Ketua Tim Penilai merangkap Anggota Tim Penilai, La Tofi, menyebutkan semua program yang masuk memberikan dampak dan ada cerita perubahan yang terjadi. Hal ini membuktikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh perusahaan di Indonesia sangat luar biasa.
 
"Terima kasih atas program yang luar biasa. Dari 150 lebih program dari 41 perusahaan, saya mendapatkan pemahaman menarik dari paper yang masuk," tutup La Tofi.

Tambahan enam penghargaan ini membuat total penghargaan terkait CSR yang telah diterima oleh PLN menjadi 30 pada 2021. Hal ini membuktikan keberhasilan PLN dalam memberikan Creating Shared Value yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan. Hal ini untuk menghadirkan pertumbuhan PLN bersama masyarakat dan pelanggan.

Narahubung:

Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Catatan
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk untuk Solusi Energi. PLN telah berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. PLN bertekad menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Untuk itu, PLN mengembangkan Program PLN Peduli sebagai wujud nyata dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan