Jakarta,Kamis (22/08)-PLN Group mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemeriksaan instalasi untuk 1600 pelanggan di wilayah Jakarta Raya, dengan total keseluruhan 2600 pelanggan di Jabodetabek. Kegiatan pemeriksaan instalasi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PLN dan mengajak warga untuk memperhatikan instalasi kelistrikan yang aman bagi pelanggan. Hal ini karena wilayah Jakarta Raya berpenduduk padat dan banyak pemukiman.
Selain itu PLN Group bersama dengan pemerintah daerah di Jakarta Raya berupaya secara maksimal untuk mengedukasi masyarakat agar lebih sadar dan peduli pada instasi listrik di tempat tinggal masing-masing. Hal tersebut dikarenakan instalasi listrik yang berada di dalam rumah dengan segala kondisinya merupakan tanggung jawab pelanggan sebagai pemilik rumah. Sedangkan tanggung jawab PLN hanya sampai kWh meter pelanggan.
“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kualitas kelistrikan masyarakat dapat meningkat dan masyarakat semakin menyadari pentingnya instalasi listrik yang benar sehingga perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Selain inspeksi, akan ada bantuan sosialisasi kepada masyarakat yang akan dilaksanakan selama periode bulan Agustus, karena ke depannya kawasan yang telah diinspeksi akan dibina untuk menjadi kawasan tertib listrik.” Ungkap Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah.
PLN Banten Edukasi Pelanggan Agar Listrik Aman
Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-74, PLN UID Banten UP3 Serpong memberikan Program Pemeriksaan Instalasi Pelanggan bekerjasama dengan PT. Haleyora Power dan PT. Icon+.
Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di 26 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang berada di Unit Induk Distribusi (UID) Banten, UID Jakarta Raya dan UID Jawa Barat. Dari kegiatan ini ditargetkan pemeriksaan terhadap 2.600 rumah pelanggan dengan Program CSR dilakukan secara gratis.
Adapun sosialisasi di PLN UID Banten serentak dilaksanakan antara lain di daerah Kampung Hijau Kemuning, Kelurahan Binong (UP3 Serpong), POS RW.05, Perumahan Cipondoh Makmur ( UP3 Cikokol), Kp. Buaran Jati RT. 02/01 Kel. Buaran Jati Kec. Sukadiri (UP3 Teluk Naga), Kampung Sabrang Cibadak RT 04 RW 04 Desa Pasir Gading (UP3 Cikupa), Kelurahan Kedaleman Cilegon (UP3 Banten Utara) dan Kampung Kebon Cau RW. 13 Ds. Labuan (UP3 Banten Selatan). Setiap UP3 ditargetkan 100 Rumah pelanggan akan mendapatkan bantuan pemeriksaan Instalasi dan Pemasangan Grounding.
Terkait tujuan pembentukan Komunitas Peduli Kelistrikan, Manajer PLN UP3 Serpong, Daniel Tampubolon menyampaikan Harapannya dari program ini akan muncul kepedulian dari seluruh kampung khususnya di UP3 Serpong dan umumnya di seluruh Indonesia untuk menjaga aset kelistrikan dan memberikan informasi apabila ada kondisi yang membutuhkan penanganan oleh PLN, sehingga pada akhirnya keandalan penyaluran tenaga listrik dapat terjaga.
Hal senada juga disampaikan oleh Urip Boyke, Lurah Cipondoh yang menganjurkan kepada masyarakatnya untuk bisa menjaga instalasi listrik sehingga terhindar dari arus pendek.
“Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan bapak ibu semua bisa menjaga, merapat instalasi listrik yang ada dirumah kita, jangan sampai kita lalai, kita biarkan kondisinya rusak, takutnya ada korsleting, arus pendek dan lain sebagainya, mudah-mudahan itu tidak terjadi”
Oleh karena itu, mari kita menjaga seluruh aset kelistrikan khususnya yang ada di depan mata kita, kwh meter dan kabel-kabel dengan tegangan rendah.
Kontak :
Dwi Suryo Abdullah
Vice President Public Relation PLN