Sambung Listrik Gratis Sasar Warga Tidak Mampu Bekasi

Bekasi, 26 Maret 2019 – Senyum mengembang di wajah Mariah. Setelah sekian lama dirinya hanya bisa menyantol atau menyambung listrik dari tetangga, kini ia bisa memiliki sambungan listrik sendiri.

“Saya senang sekali akhirnya bisa punya listrik sendiri, sudah tidak nyantol lagi dan tidak takut ngejepret. Sekarang sudah tidak was-was lagi pakai peralatan elektronik,” ungkap Mariah usai mendapatkan bantuan listrik gratis Pemerintah melalui program Sinergi BUMN.

Sebelumnya Menteri BUMN mengunjungi Kampung Cibitung Sebrang, Kecamatan Mustika Jaya dan Kecamatan Rawa Lumbu Kota Bekasi untuk melakukan simbolisasi penyalaan listrik gratis bagi 300 pelanggan yang tersebar di Kota Bekasi. Kunjungan ini merupakan rangkaian acara Program Sambung Listrik Gratis yang diinisiasi 34 BUMN. Khusus untuk Bekasi, bantuan sambung listrik gratis dilakukan oleh PLN dengan 5 BUMN Karya.

Saat ini rasio elektrifikasi Kota dan Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100%, tapi masih ada 11.000 kepala keluarga yang memperoleh listrik dari rumah tetangga (nyantol/levering). Ini karena mereka tidak mampu membayar biaya penyambungan listrik sebesar Rp 1 juta.

“Melalui program Pemerintah ini, kami harap bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol listrik, sekarang bisa mendapatkan sambungan listrik secara langsung dari PLN. Pada 2019 ini, ditargetkan ada 4.800 KK di Bekasi yang sudah tersambung listrik PLN,” ungkap Direktur Regional Bisnis Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin saat mendampingi kunjungan tersebut.

Pemasangan listrik gratis tentunya meringankan warga yang sebelumnya (ketika masih levering) harus membayar Rp 40 ribu – Rp 50 ribu untuk tiga bola lampu saja, sekarang dengan pasang listrik sendiri warga cukup membayar Rp 20 ribu – Rp 30 ribu untuk lampu dan peralatan listrik lainnya tanpa takut ngejepret (putus listrik).

Program ini merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di wilayah Jawa Barat sudah tersambung 109.000 rumah, dari target 235.000 ribu rumah. Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.

Kontak :

I Made Suprateka

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN

Tlp. 021 7261122

Facs. 021 7227059

HP. ‪0811194260V