Dirut RSCM: Pelayanan PLN Semakin Baik dan Responsif

Hari Pelanggan Nasional, Dirut PLN Kunjungi RSCM untuk Pastikan Pasokan Listrik Aman

Jakarta, 4 September 2017 – Sebagai wujud apresiasi terhadap pelanggan, Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengunjungi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk bersilaturahmi sekaligus mendengarkan masukan dari RSCM demi peningkatan pelayanan PLN yang lebih baik (4/9).

Kunjungan ini bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2017, dengan mengangkat tema Senyum Benderang Indonesia. Dalam kunjungan tersebut Direktur Utama RSCM Dr. Heriawan Soejono mengungkapkan apresiasinya atas kehadiran dan itikad baik PLN untuk mendengarkan secara langsung keluhan dan masukan pelanggan.

“Belakangan ini PLN jauh lebih responsif dengan apa yang disampaikan pelanggan. Hal ini menunjukkan kinerja PLN yang semakin membaik. Perbaikan terhadap gangguan juga sangat cepat dan pelayanannya semakin membaik. Harapan kami agar PLN terus menyala di RSCM dan tidak ada matinya,” ungkap Heriawan.

Menanggapi hal tersebut Direktur Utama PLN Sofyan Basir menegaskan PLN siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan selalu menjaga kehandalan listrik RSCM, agar semua pasien dan kegiatan kedokteran bisa berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan kelistrikan.

“PLN akan standby 24 jam penuh untuk memberikan pelayanan terbaik bagi rumah sakit, karena pelayanan umum menjadi salah satu prioritas kami. Kami akan sangat terbuka dan responsif untuk menjaga kehandalan pasokan listrik di RSCM,” ujar Sofyan Basir.

Dalam acara tersebut dilakukan juga penulisan diatas kanvas tentang harapan dan saran dari RSCM untuk PLN hal ini sebagai wujud keterbukaan PLN dalam menerima masukan dari pelanggan.

“Sudah kewajiban PLN untuk menempatkan posisi pelanggan dalam kedudukan yang tertinggi. Karena bagi kami kepuasan pelanggan adalah yang utama. Senyum bahagia pelanggan adalah sukses kami,” tambah Sofyan.

Tidak hanya Direktur Utama PLN, jajaran Direksi PLN di Hari Pelanggan Nasional ini juga turut hadir langsung menemui sejumlah pelanggan industri, bisnis, pemerintahan dan sosial yang berada di wilayah DKI, Banten dan Jawa Barat.

Kegiatan Hari Pelanggan Nasional juga dilakukan secara serentak di Indonesia dimana seluruh General Manager PLN, Manajer Area dan Manajer Rayon PLN dari Sabang hingga Merauke juga turut mengunjungi pelanggan.

Tujuan Manajemen PLN mengunjungi pelanggan adalah untuk mendengarkan suara pelanggan, menampung harapan pelanggan terhadap layanan PLN serta mengapresiasi dan memperhatikan masukan dari pelanggan di seluruh Indonesia.

“Dengan mendengarkan pelanggan, maka kita akan tahu apa yang mereka butuhkan dan kita akan terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik sebagai bukti nyata PLN,” ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

PLN sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia, saat ini memiliki jumlah pelanggan sebanyak 66 juta, dimana usahanya yang berorientasi pada pelayanan.

Berikut adalah lokasi kunjungan jajaran Direksi PLN ke pelanggan, yaitu:
1. Pelanggan Sosial di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat
2. Pelanggan Pemerintah di Bank Indonesia, Jakarta Pusat
3. Pelanggan Industri di Master Steel, Jakarta Timur
4. Pelanggan Industri di Alam Sutera, Tangerang Selatan
5. Pelanggan Bisnis di BCA Alam Sutera, Tangerang Selatan
6. Pelanggan Bisnis di PT Jakarta Permata Lintas Harco Mangga Besar, Jakarta Pusat
7. Pelanggan Bisnis di Primus Hans, Jakarta Selatan
8. Pelanggan Bisnis di PT Mayora, Tangerang
9. Pelanggan Industri di Gajah Tunggal, Tangerang
10. Pelanggan Sosial Rumah Ibadah di Tangerang
11. Pelanggan Sosial Rumah Ibadah di Jakarta Selatan
12. Pelanggan Sosial di RSUD Koja, Jakarta Utara
13. Pelanggan Bisnis di PT Asia Sanprima Jaya (Mall Asia), Tasikmalaya
14. Pelanggan Industri di Bina Kayu Lestari, Tasikmalaya

Di lokasi pelanggan sosial rumah ibadah, pelanggan juga diberikan bantuan berupa penambahan daya gratis dari PLN. Hal ini juga merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian PLN terhadap pelanggan yang selalu tertib dalam menggunakan listrik. Dengan adanya penambahan daya, maka dapat melancarkan kegiatan ibadah masyarakat karena cukupnya penerangan dan ketersediaan listrik di rumah ibadah. Selain penambahan daya, beberapa rumah ibadah dan sekolah di Banten juga mendapatkan layanan Pasang Baru gratis dari PLN.

PLN terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7×24 jam. Contact Center PLN 123 merupakan saluran resmi PLN yang dapat dihubungi masyarakat melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123@pln.co.id, Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.pln.co.id.

Layanan contact center ini memiliki cakupan yang luas di seluruh Indonesia dengan mengoperasikan sembilan titik lokasi pelayanan untuk memastikan kemudahan akses dan keandalan pelayanan PLN kepada seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada. Adapun jenis pelayanan Contact Center PLN 123 adalah untuk keperluan permohonan Pasang Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara dan migrasi menjadi pelanggan Listrik Pintar; pengaduan dan keluhan pelanggan; serta informasi produk dan layanan PLN lainnya.

Sementara itu, PLN juga memiliki aplikasi berbasis Android, yakni PLN MOBILE, yang dapat digunakan pelanggan PLN untuk melakukan transaksi, seperti cek tagihan dan riwayat token; permohonan Pasang Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara; cek status pengaduan dan permohonan; informasi tarif listrik terkini; berita terkini mengenai PLN; info pemeliharaan listrik; dan telepon Contact Center PLN 123 gratis dengan Voice over Internet Protocol (VoIP). Aplikasi PLN MOBILE ini dapat diunduh pengguna smartphone Android melalui link https://goo.gl/6zXtBZ.

Kontak:
I Made Suprateka
Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. suprateka@pln.co.id