⁠⁠⁠Satu Lagi Desa Di Papua, Kampung Yoboi, Sudah Menikmati Listrik PLN

Jayapura, 17 Mei 2017 – Kampung Yoboi salah satu kampung di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura akhirnya dapat menikmati listrik PLN. Yoboi yang sudah ada sejak tahun 1904 baru dapat menikmati listrik secara resmi pada tahun 2017 ini. Listrik untuk kampung tersebut disuplai langsung dari sistem kelistrikan Sentani.

“Dalam upaya menuju Papua terang, PLN terus melistriki desa atau kampung yang belum berlistrik. PLN baru saja melistriki Kampung Yoboi dan sudah beroperasi selama 24 jam. Kami bangun jaringan tegangan menengah sepanjang 3,1 kilo meter sirkit (kms) dan 0,44 kms tegangan rendah dari sentani”, ujar General Manajer PLN Wilayah Papua Dan Papua Barat Yohanes Sukrislismono.

Saat ini sudah tersambung 64 pelanggan yang sebelum ada listrik PLN mereka menggunakan genset pribadi atau pelita. Jumlah pelanggan akan terus bertambah dengan adanya pengembangan pembangunan di kawasan Kampung Yoboi tersebut.

“Memang sudah lama Kampung Yoboi ini ada, namun baru kali ini kami dapat melistriki. Ada tantangan tersendiri untuk melistriki Kampung Yoboi salah satunya letak geografis. Kami harus membawa tiang-tiang dengan menggunakan perahu ke Yoboi dari sentani”, lanjut Yohanes.

Yohanes mengakui bantuan dari masyarakat khususnya yang berada di Kampung Yoboi sangat membantu PLN dalam melistriki kampung yang berada di kawasan Danau Sentani itu. Tidak hanya itu, kerelaan dari masyarakat atas perkebunan mereka untuk dilalui jaringan sangat membantu.

“Kami akan terus berupaya untuk terus melistriki daerah-daerah yang belum berlistrik di Papua dan Papua Barat. Tahun ini kita menargetkan untuk 365 desa agar segera terlistriki dari 2500 desa yang ada. Meskipun bukan hal mudah untuk merealisasikan target tersebut, namun kita akan berusahan sekuat tenaga agar masyarakat di tanah Papua dapat menikmati listrik”, pungkas Yohanes.

Kontak :

I Made Suprateka

Kepala Satuan Komunikasi Korporat

Tlp. 021 7251234

Facs. 021 7227059

Email. suprateka@pln.co.id