Pengamanan Tower Emergency SUTT 150 kV Poso–Sidera

Poso, 11 Mei 2017 – Pasca gangguan tower roboh T.46 SUTT 150 kV Poso – Sidera Kelurahan Tabalu Kecamatan Poso Pesisir, PLN terus berupaya melakukan pengamanan terhadap tower emergency yang sudah berhasil didirikan pada tanggal 30 April 2017. Pengamanan tersebut dilakukan untuk menjaga agar tower emergency tetap beroperasi sehingga pasokan energi listrik dari PLTA Poso ke Kota Palu, Parigi, Sigi dan Donggala tetap tersalurkan.

Selain itu, pengamanan terus dilakukan mengingat lokasi tempat tower emergency berdiri rawan terhadap longsoran tanah akibat gerusan aliran sungai Puna yang sampai saat ini terus mengalir deras. Tindakan pengamanan yang dilakukan PLN yaitu:

  • Melakukan normalisasi aliran sungai agar tidak mengarah ke lokasi tower emergency berdiri yang dilakukan sejak tanggal 25 April 2017 hingga hari ini (12/05/2017).
  • Melakukan pengamanan dengan melakukan pemasangan rambu – rambu tanda bahaya disekitar tower dan andongan jaringan demi menjaga keselamatan ketenagalistrikan terhadap masyarakat sekitar.
  • Sosialisasi terhadap masyrakat sekitar mendapatkan atensi dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan tower emergency.

Pada hari Jumat (05/05), Tanggul buatan yang di telah dibuat tidak mampu menahan derasnya aliran sungai Puna sehingga tanggul buatan tersebut jebol terbawa arus sungai, Tim dari PLN kembali melakukan normalisasi aliran Sungai dan pembuatan tanggul buatan guna mengamankan tower emergency. Kemudian pada hari Selasa (09/05) tepatnya pukul Pkl. 16.30 s.d. 22.30 debit aliran sungai meningkat dan disekitar lokasi tower diguyur hujan sehingga debit air terus bertambah dan meluas, hingga menyebabkan tanggul buatan jebol kembali, longsoran tanah pinggir sungai terjadi, anchor penahan tower emergency 2 semula berjarak 10 meter tersisa berjarak 4 meter.

PLN terus berupaya mengamankan tower ERS dari derasnya aliran sungai, sejak Rabu (10/05) kemarin hingga hari ini (Jumat, 12/05), normalisasi dan pembuatan tanggul buatan dilakukan lagi dengan menggunakan escavator 3 unit. Pembuatan dan pemasangan bronjong sisi depan tower ERS yang langsung berhadapan dengan sungai dimulai dengan mengerahkan bantuan warga sekitar. PLN juga telah melakukan sosialisasi kepada warga kelurahan Tabalu Kecamatan Poso Pesisir di kantor kelurahan Tabalu yang dihadiri dari beberapa aprat terkait meliputi Kelurahan, Kecamatan, Polsek, Koramil serta melakukan grounding pagar pengaman tower emergency juga pemasangan rambu–rambu tanda bahaya di sekitar lokasi. Disisi pengamanan,

PLN juga telah Berkoordinasi langsung dengan Kapolres Poso dan Dandim Kodim 1307 Poso. Tim PLN terus berupaya mengamankan lokasi Tower ERS, guna tetap tersalurnya pasokan listrik dari PLTA Poso ke Sistem Sulteng, pengerahan warga sekitar pun dilakukan PLN serta alat escavator sebanyak 3 unit. Semoga cuaca cerah terus menghampiri Poso selama beberapa hari kedepan, sehingga tidak membahayakan tower ERS yang telah berdiri.

Kontak :

I Made Suprateka

Kepala Satuan Komunikasi  Korporat

Tlp. 021 7251234

Email. suprateka@pln.co.id

Kontak:

Jantje Rau

Deputy Manajer Hukum & Humas

PLN Wilayah Suluttenggo

jantje.rau@pln.co.id