Pascabanjir Lima Puluh Kota: 130 Gardu Listrik Berhasil Pulih

Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan pascabanjir di Kec. Pangkalan, Sumbar (7/3).

Lima Puluh Kota, 7 Maret 2017 – Pekerjaan pemulihan infrastruktur kelistrikan pasca banjir di Pangkalan, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat hari ke-4 menunjukkan hasil yang signifikan. Pangkalan sudah terlihat semakin terang karena lampu jalan dan penduduk sebagian besar sudah menyala. Listrik untuk 14.514 pelanggan dari total 16.674 pelanggan yang sebelumnya mengalami padam sudah terang kembali. Sisanya masih dibenahi oleh petugas PLN Wilayah Sumatera Barat yang dibagi dalam 15 tim dengan masing-masing tim terdiri dari 5-7 orang. Adapun total gardu yang saat ini sudah menyala adalah 130 gardu dari 166 gardu yang sempat padam (7/3).

Pekerjaan PLN hari ini (7/3) berlanjut pada pemulihan kabel bawah tanah, melanjutkan pemulihan Jaringan Tegangan Menengah (JTM), pemangkasan dan penebangan pohon, perbaikan Jaringan Tegangan Rendah (JTR), perbaikan LS Board Gardu serta penggantian Alat Pengukur dan Pembatas. Beberapa medan kerja berat diakibatkan oleh tanah longsor, hal ini menjadi tantangan dalam bekerja.

“Ini merupakan wujud kesiagaan PLN dalam mengamankan kelistrikan. Dengan waktu kerja yang tinggi dan kenyamanan tempat beristirahat yang pas-pasan, konsistensi kerja seluruh Tim PLN terjaga dengan baik,” ujar Bambang Yusuf, General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat.

PLN bersama Petugas Damkar sebagai pemasok air bersih dan Himpunan Mahasiawa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Universitas Negeri Padang (UNP) berkolaborasi untuk membersihkan tujuh sekolah agar para siswa dapat segera melanjutkan pelajaran.

PLN juga sempat bertemu dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh sebagai instansi daerah terdekat dengan lokasi bencana. Saat itu, pertemuan tersebut membahas banyak hal diantaranya dukungan PLN terhadap pembangunan kota dan pariwisata di Payakumbuh serta menyampaikan langkah-langkah yang ditempuh PLN dalam menyelesaikan pemulihan infrastruktur kelistrikan di lokasi bencana.

Dapur Umum PLN yang berlokasi di Musholla Al Muhajirin saat ini juga masih terus mengepul menyediakan makanan dengan menu yang memadai bagi para pekerja dan korban banjir. Senyum terpancar dari warga penerima bantuan saat Tim PLN Peduli turut membagikan makanan untuk mereka.

Seluruh unit PLN di Sumbar bersatu menyalurkan bantuan untuk kebutuhan di Dapur Umum PLN terhadap korban banjir, termasuk PLN Teluk Sirih, Sektor Ombilin dan Sektor Bukittinggi. “PLN itu satu, saat suatu unit sedang kesulitan maka unit lain akan segera membantu. Seperti halnya saat bencana di Sumbar ini, PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau turut membantu menyumbangkan tenaga. Yang penting kelistrikan segera pulih,” ujar Bambang.

Kontak :
I Made Suprateka
Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
HP. 0811194260
Email. suprateka@pln.co.id

Kontak:
Mustafrizal
Manajer SDM & Administrasi
PLN Wilayah Sumatera Barat
HP. 0812-6442-869