Jakarta, 31 Oktober 2016 – Saat ini, akses layanan PLN semakin mudah dengan aplikasi PLN MOBILE yang ada di genggaman pelanggan melalui smartphone berbasis Android. PLN MOBILE resmi dirilis oleh Direksi PLN pada Senin ini di PLN Kantor Pusat, bertepatan dengan upacara Hari Listrik Nasional ke-71 (31/10). Aplikasi ini merupakan produk inovasi dari PLN yang bekerjasama dengan PT Indonesia Comnet Plus sebagai anak perusahaan PLN.
PLN MOBILE adalah suatu aplikasi Mobile Customer Self Service yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). PLN MOBILE merupakan wujud inovasi dan layanan Contact Center PLN 123 yang juga dapat diakses melalui telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id.
“Layanan bagi pelanggan PLN ini diharapkan dapat mendukung perbaikan tata kelola Layanan Pengaduan dan Keluhan Pelanggan yang lebih maksimal serta memutus jalur birokrasi dan prosedur,” ungkap Kepala Divisi Sistem dan Teknologi Informasi PLN Agus Sutiawan.
Dengan PLN MOBILE, pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi tentang tagihan listrik, informasi pemadaman maupun informasi lainnya yang berkaitan dengan layanan PLN kepada masyarakat. Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi.
Adapun fitur-fitur yang tergabung dalam aplikasi ini meliputi:
1. Cek tagihan dan riwayat token;
2. Simulasi permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara;
3. Permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara;
4. Informasi tarif listrik terkini;
5. Cek status pengaduan dan permohonanBerita terkini dari PLN.
Nantinya, fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan. Beberapa diantaranya yang akan muncul di versi selanjutnya adalah layanan untuk menguhungi Customer Service Officer PLN 123 tanpa melalui telfon rumah dan operator selular, tetapi dengan menggunalan Voice Over Internet Protocol (VOIP). Selain itu, akan ada pula fitur info pemeliharaan yang terdampak kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat mengetahui alasan mengapa pemadaman terjadi di area layanan pelanggan.
Aplikasi PLN MOBILE dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android di Google Play Store dengan mengetik PLN MOBILE pada kotak pencarian atau pada tautan //bit.ly/2eMPdWY.
Kontak :
I Made Suprateka
Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. suprateka@pln.co.id