Dua Kabupaten Di Papua Nikmati Listrik Di Hari Listrik Nasional Ke-71

Nabire, 27 Oktober 2016 – Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke – 71, PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) memberikan hadiah khusus kepada dua kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat yaitu Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Yahukimo. Pada hari ini, secara resmi PLN akan mengoperasikan dan mengelola infrastruktur kelistrikan di kedua kabupaten tersebut, dimana sebelumnya Pemerintah Daerah (Pemda) secara mandiri mengelola dan mengoperasikan sistem kelistrikan di daerah masing-masing.

Hal ini merupakan salah satu program PLN WP2B untuk mewujudkan Papua Terang 2019. PLN WP2B memiliki 4 program dan 1 tujuan untuk merealisasikan Papua Terang 2019, yaitu :
1. Melistriki 14 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat pada tahun 2016 hingga 2017
2. Melistriki desa dengan rasio kecamatan/distrik berlistrik PLN sebesar 100% pada tahun 2019 dan rasio desa berlistrik PLN sebesar 100% pada tahun 2020
3. Melistriki 3 pulau terluar (yang berpenduduk) pads tahun 2016 hingga 2017
4. Meningkatkan jam nyala operasi minimal 18 jam sehari dimulai tahun 2016 hingga tahun 2020

Dan 1 tujuan yaitu meningkatkan Rasio Elektrifikasi hingga 90,22% di Provinsi Papua dan Papua Barat

Menyusulnya 2 kabupaten yang terlistriki oleh PLN, PLN WP2B telah resmi melistriki 5 kabupaten yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat, dimana sebelumnya telah melistrik 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Raja Ampat, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak. Dengan demikian PLN WP2B masih memiki tugas . Dengan demikian, PLN WP2B masih memiliki tugas untuk melistriki 9 kabupaten lainnya yang belum terlistriki oleh PLN, diantaranya Kabupaten Tambrauw, Intan Jaya, Puncak Jaya, Puncak, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Membramo Tengah, dan Membramo Raya.

“Tepat pada Hari Listrik Nasional yang ke – 71 ini, PLN secara resmi melistriki 2 Kabupaten yaitu kabupaten Deiyai dan Kabupaten Yahukimo. PLN WP2B masih memiliki tugas kedepannya yaitu melistriki 9 kabupaten lainnya yang belum berlistrik PLN pada tahun 2017 mendatang. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan juga seluruh masyarakat yang mendukung program Papua Terang”, ujar General Manager PLN WP2B Yohanes Sukrislismono.

Pada Kabupaten Deiyai, sampai dengan hari ini jumlah pelanggan yang sudah resmi menjadi pelanggan PLN sebanyak 155 pelanggan, namun potensi penambahan pelanggan bisa sampai dengan kurang lebih 750 pelanggan. Dan untuk mesin pembangkit listrik tenaga diesel, Kabupaten Deiyai memiliki kapasitas daya sebesar 2×500 kW atau 1 MW. Di Kabupaten Yahukimo sendiri, jumlah calon pelanggan PLN sejumlah 237 pelanggan dengan potensi penambahan pelanggan kurang lebih 1.300 pelanggan. Kapasitas daya di Yahukimo terbagi menjadi 4 sistem dengan masing-masing kapasitas 1×800 kVA, 1×500 kVA, 1×350 kVA, dan 1×250 kVA.

“Saya berharap dengan masukya listrik di Kabupaten Deiyai ini, anak-anak dapat belajar lebih tekun dan para pegawai bisa bekerja lebih produktif di kantor, serta masyarakat juga bisa lebih produktif lagi kedepannya. Sehingga kami berharap perekonomian di Kabupaten Deiyai ini bisa bertumbuh dengan cepat. Saya juga mohon dukungan kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk membantu PLN dalam mengembangkan kelistrikan di Deiyai ini”, kata Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN, Haryanto WS.

Pembagian infrastruktur kelistrikan guna mewujudkan program Papua Terang tidak lepas dari peranan masyarakat dan pemerintah daerah setempat yang terus mendukung agar Papua dan Papua Barat dapat terlistriki hingga desa-desa terpencil sekalipun. Keinginan masyarakat untuk dapat menikmati listrik merupakan salah satu penyemangat PLN untuk dapat menerangi seluruh nusantara.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN yang telah melistriki Kabupaten Deiyai ini sehingga Deiyai dapat terang saat ini. Saya juga ingin menyampaikan untuk sementara ini rumah-rumah yang masih dijangkau oleh PLN hanyalah rumah-rumah yang sudah dilalui oleh jaringan listrik. Namun, kedepannya 5 distrik yang berada di Kabupaten Deiyai dapat menikmati listrik semua”, ungkap Bupati Deiyai Dance Takimai.

Listrik yang merupakan salah satu satu faktor kemajuan perekonomian suatu daerah, maka dari itu PLN khususnya PLN WP2B akan terus berupaya untuk dapat melistriki masyarakat yang berada di Papua dan Papua Barat. Terlebih lagi, PLN merupakan perusahaan yang mengedepankan pelayanan kepada masyarakat sehingga diharapkan nantinya PLN dapat menyediakan jasa kelistrikin kepada seluruh lapisan masyarkat.7