Tingkatkan Rasio Elektrifikasi, PLN Manfaatkan Lebak Arang

(Pekalongan, 11 Maret 2016) – PT PLN (Persero) manfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Lebak Barang untuk tambah rasio elektrifikasi di Pekalongan Jawa Tengah, dengan memanfaatkan aliran sungai sengkarang untuk membangkitkan listrik.

Pemanfaatan PLTM Lebak Barang ini diresmikan langsung oleh Direktur Bisnis Regional Bagian Tengah Nasri Sebayang beserta General Manager Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Dwi Kusnanto serta Presiden Direktur PT Hidro Rizki Ilahi(HRI) selaku pengembang.

Dalam sambutannya Nasri Sebayang menyampaikan PLN sangat konsern untuk tingkatkan rasio elektrifikasi Nusantara,sekaligus memanfaatkan penggunaan energi baru terbarukan, untuk itu peresmian PLTMH Lebak Barang berkapasitas 7 MW ini merupakan perwujudan nyata upaya yang dilakukan PLN untuk tambah pasokan listrik menggunakan energi yang ramah.

“Kami senang sekali akhirnya PLTMH Lebak Barang ini bisa berfungsi maksimal, dan bisa dimanfaatkan dengan baik bagi sekitar 7000 rumah tangga. Kami harap dukungan warga untuk menjaga keberlangsungan PLTMH di Lebak Barang.” Ujar Nasri Sebayang.

Nasri menambahkan bahwa untuk membangun PLTMH tidaklah mudah karena setiap hari mengalami banyak kendala mulai dari kontruksi dan kajian teknis. Sementara terkait dengan pemilihan lokasi di Kabupaten Pekalongan ini karena mempunyai potensi alam yang memenuhi syarat dibangun PLTMH.

“Meski pembangunannya banyak mengalami kendala, namun kami bersyukur kerja keras semua pihak terutama PLN kini terbayar, Saya optimis bahwa PLTMH bisa beroperasi sampai dengan 100 tahun bergantung pada pemeliharaan dan berharap PLTMH ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik” ungkap Nasri Sebayang.

PLTMH yang dibangun oleh PT Hidro Rizki Ilahi(HRI) tersebut mampu menghasilkan listrik sebesar 7 MW melalui tiga unit mesin dan masuk kedalam sistem interkoneksi jawa tengah melalui transmisi 20 kV.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. agung.murdifi@pln.co.id