‎Kebakaran Pabrik Kayu Sebabkan Putusnya Kabel SUTT Belawan – Binjai

(Medan, 17 Januari 2016) Kebakaran yang terjadi pukul 18.40 WIB pada pabrik kayu PT Canang Indah yang berada diantara Tower 3 dan 4 mengakibatkan putusnya kabel Saluran Udara tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Belawan-Binjai yang menyalurkan daya dari Pembangkitan Belawan ke sistem Sumatera Bagian Utara. Kebakaran ini menyebabkan seluruh pembangkit di Belawan tidak dapat beroperasi. Akibatnya sistem kelistrikan yang memasok Sumatera Utara dan Aceh mengalami padam kecuali untuk Gardu Induk (GI)Inalum dan GI Sei Rotan. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan keadaan kahar ini”.

Proses pemulihan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 6 jam. ” Saat ini kami melakukan penormalan bertahap dengan menormalkan Pembangkit Belawan selanjutnya melalui SUTT 150 kV Belawan-Payapasir-Payageli-Binjai lalu membangkitkan PLTU Pangkalan Susu dan Sistem Aceh”.

SUTT yang terganggu belum dapat dinormalkan karena api masih belum dapat dipadamkan.” Mohon dukungan dan doanya agar kondisi ini bisa segera diatasi”.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs 021 7227059
Twitter @agungmurdifi
Email. agung.murdifi@pln.co.id