Konstruksi Tower Emergency Telah Berdiri

(Palangka Raya, 14 November 2015) Ditengah cuaca yang kerap berubah, seluruh personil PLN bekerja extra keras untuk menyelesaikan pengerjaan tower emergency di kecamatan Jekanraya, Palangka Raya.
Untuk siang hari ini, PLN telah berhasil merampungkan konstruksi 5 tower emergency, Sementara untuk pemasangan konduktor di tiang tegangan menengah (TM) rencananya akan diselesaikan sore ini yang nantinya akan dilanjutkan dengan pengencangan TM .

Menurut General Manager PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Purnomo untuk siang ini pemasangan seluruh isolator telah berhasil dilakukan, tinggal penarikan konduktor untuk ERS tower dan 1 crane 40 ton.
“Semuanya lagi bekerja keras untuk mengebut seluruh proses pengerjaan, kami sedang berkejar-kejaran dengan waktu dan cuaca yang tidak menentu, saat ini seluruh proses sudah mendekati finishing, Insyaallah kalau cuaca bagus semuanya bisa bekerja optimal” ujar Purnomo.
Sementara untuk perbaikan tower existing di tower 359 dan 365 pengerjaannya sudah selesai 100 persen.
Seperti diketahui angin kencang yang terjadi pada Sabtu 7 November lalu menyebabkan 7 tower PLN roboh dan menghambat pasokan listrik dari Kalimantan selatan ke Kalimantan tengah , sebesar 50 MW.
Dukungan Warga Terus Mengalir
Dalam rangka perbaikan tower saluran udara tegangan tinggi (SUTT) yang roboh akibat terpaan angin kencang di Palangka Raya. PLN banyak mendapatkan kemudahan dan dukungan dari warga sekitar yang rumah atau halamannya di lalui kabel maupun tiang TM.
Jika sebelumnya warga Jekanraya merelakan seperempat halamannya untuk dilalui kabel track schoor, kini warga kembali bekerjasama dengan PLN terkait dengan penggunaan lahan mereka untuk dilalui tiang TM serta kabel konduktor.
Hal ini dilakukan oleh Bapak Rada, seorang warga Palangkaraya, yang antusias ingin membantu PLN demi kelangsungan pengerjaan tower emergency . Rada yang sejak 5 tahun lalu memiliki lahan seluas 40 x 60 m2 ini rela lahannya di gunakan oleh PLN untuk tiang TM dan juga di lewati kabel konduktor.
“Harapan saya cuma satu , agar listrik bisa kembali normal, kalau PLN butuh lahan untuk wujudkan itu, saya akan coba bantu.” ujar Rada.
Apa yang dilakukan Pak Rada ini bukan kali pertama yang dilakukan warga palangkaraya dalam proses pemulihan dan pendirian tower emergency pengganti tower yang roboh sabtu lalu, bantuan dari warga silih berganti hadir ditengah kerja keras PLN untuk bisa kembali mengalirkan listrik di Palangka Raya ini .

Kontak:

Bambang Dwiyanto

Plt. Kepala Satuan Komunkasi Korporat

Tlp. 021 7261122

Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id